STAND UP AND SCREAM

Sabtu, 21 Januari 2012

Layanan Internet


2.1 Pengantar
Internet telah menjadi fasilitas kehidupan modern yang dibanggakan. Oleh karena itu tentu Anda    ingin mengetahui layanan apa saja yang disediakan internet. Yang paling mudah Anda  temukan dan sering digunakan orang adalah sebagai fasilitas komunikasi surat-menyurat elektronik. Surat elektronik tersebut dikenal dengan istilah e-mail.  

2.2             E-mail
E-mail  singkatan dari Electronic Mail yaitu surat elektronik. Layanan e-mail  adalah salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan,  karena e-mail  merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Kepada siapa Anda  dapat mengirim e-mail ? Tentu kepada siapa saja yang memiliki akses ke internet dengan alamat yang jelas. 
Bagaimana konsep e-mail? Untuk memahami konsep e-mail, Anda   bayangkan pengiriman surat melalui pos biasa. Anda  dapat mengirim surat kepada seorang teman apabila Anda  mengetahui dengan pasti alamat teman Anda  pada surat yang akan dikirim. Selanjutnya surat tersebut Anda  masukkan ke dalam kotak pos  untuk diambil oleh petugas pos dan mengirimkannya kepada teman Anda  itu seauai alamat yang tertera. Demikian juga halnya dengan e-mail. Jika Anda  ingin mengirimkan e-mail, Anda  masuk ke dalam sistem e-mail (internet) kemudian mengirimkan ke alamat e-mail teman Anda. E-mail dapat dikirim kepada beberapa orang secara serentak atau sekaligus. Disamping itu, Anda  dapat mengirim file-file  yang berupa dokumen, gambar, program dan lain sebagainya bersamaan dengan e-mail yang Anda  kirimkan.  Terdapat tiga jenis layanan e-mail yang dapat Anda  gunakan, yaitu.
(1)     POP Mail,
(2)     E-mail berbasis web, dan
(3)     E-mail Forwarding.







2.2.1 Membuat E-mail
Untuk dapat menggunakan fasilitas e-mail seperti menulis, membaca dan membalas e-mail,  Anda   harus memiliki account e-mail. Bagaimana caranya memiliki e-mail ? Berikut ini cara mendaftar e-mail di plasa.com.
(1)     Masuk ke situs plasa.com.
(2)     Klik mail kemudian lengkapilah data Anda pada aplikasi yang disediakan.
Setelah semua sesuai, Anda akan mendapat informasi bahwa Anda  telah berhasil mendaftar atau telah memiliki account e-mail dengan user_id dan password yang anda buat. Identitas user_id dan password  harus Anda ingat terus karena merupakan kunci bagi Anda pembuka e-mail Anda.

Gambar  2.1  Kotak Dialog Plasa
 















Gambar 2.2  Pendaftaran  E-mail
 












2.2.2 Login dan Logout
Memasuki sistem e-mail disebut dengan istilah login. Di bawah ini kegiatan login dan logout.

Text Box: Kegiatan : Login


Berikut ini langkah-langkah login :
(1)    Klik e-mail.

















(2)    Memasukkan user id dan password di kotak teks yang disediakan.
(3)    Klik tombol login.
(4)    Jika user id dan password yang Anda  masukkan benar atau sesuai, proses login akan berhasil. Jika salah atau tidak sesuai, Anda  akan diminta  memasukkan user id dan password yang benar.

Setelah Anda   login, tentu Anda   melakukan berbagai aktivitas seperti menulis, membaca, dan membalas e-mail. Apabila Anda   sudah selesai menggunakan fasilitas dengan e-mail dan akan mengakhirinya, Anda   harus menutup account e-mail. Menutup account e-mail biasa disebut dengan logout.



Kegiatan : Logout
 
Berikut ini langkah-langkah logout.
1.      Carilah tombol atau teks link   logout di halaman web.
2.      Klik tombol atau teks link  tersebut.
3.      Tunggu sampai halaman web menampilkan proses telah selesai.

2.2.3 Menulis dan Mengirim E-mail
Menulis untuk e-mail dapat dilakukan melalui dua cara yaitu langsung dan tidak langsung. Cara langsung dilakukan melalui penulisan teks pada ruang editor yang disediakan oleh sistem e-mail. Cara tidak langsung, Anda  dapat menulis teks  pada editor yang lain misalnya Word, Notepade, atau  program pengolah kata yang lain. Kemudian Anda  copy-kan teks yang tersebut kedalam editor yang disediakan sistem e-mail.


Text Box: Kegiatan : Menulis dan Mengirim E-mail

Berikut ini langkah-langkah untuk menulis dan mengirimkan e-mail :
1.      Lakukan login ke account  e-mail.
2.      Masukkanlah user id dan password dan klik login.
3.      Isilah alamat e-mail penerima dan subjek dari e-mail yang akan Anda  kirim.
4.      Ketiklah isi e-mail.
5.      Setelah selesai menulis isi e-mail, kliklah tombol kirim.
Bila pengiriman e-mail sukses, akan ditampilkan halaman web yang menyampaikan pesan bahwa e-mail Anda  sudah dikirim. E-mail Anda  akan dikirim ke alamat e-mail sesuai dengan alamat e-mail yang Anda  masukkan.

2.2.4 Membuka E-mail
Apabila Anda  mendapat kiriman e-mail, akan tersimpan di kotak surat (Inbox). Anda  dapat memperhatikan bahwa e-mail yang ada memiliki tanda yang berbeda yang menyatakan apakah e-mail tersebut sudah dibaca atau belum, apakah e-mail tersebut  disertai file  attachment atau tidak dan sebagainya.

Kegiatan : Membuka E-mail
 

Berikut ini langkah-langkah untuk membuka e-mail :
1.        Lakukan login ke account e-mail Anda.
2.        Masukkanlah user id dan password dan klik login. 
3.        Klik kotak surat. 
4.        Klik teks link   kotak surat.
5.        Untuk membaca surat, klik dua kali nama pengirim e-mail tersebut. Isi surat akan ditampilkan.
6.        Setelah Anda  membaca e-mail yang Anda  pilih. Anda  dapat membaca surat dengan cara mengklik teks link. Demikian seterusnya atau kembali melihat daftar surat yang masuk dengan cara mengklik tombol back di tool bar atau mengklik teks link  kotak surat.

2.2.5  Menjawab E-mail (Reply)
Bagaimana jika Anda  akan menjawab atau memberi balasan e-mail yang masuk? 
Kegiatan : Menjawab E-mail
 

Berikut ini langkah-langkah menjawab e-mail sebagai berikut :
(1)     Setelah membaca e-mail, klik link  Reply.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(2)     Pada kotak teks To, nama dan alamat e-mail ke mana Anda  akan membalas e-mail langsung diisikan.
(3)     Ketiklah isi surat yang menjadi jawaban Anda .
(4)     Klik tombol kirim.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
Dengan fasilitas Reply Anda  dapat menyertakan kembali isi e-mail yang dikirim kepada Anda. E-mail yang dia tulis disertakan di bawah jawaban yang Anda  buat. Dengan membaca e-mail yang dia kirimkan akan memudahkan dia membuka pikirannya akan jawaban yang Anda  berikan. Untuk Anda  sebagai pemberi jawaban, Reply e-mail juga memudahkan Anda  untuk mengecek jika ada pesan atau informasi yang belum Anda  jawab.

2.2.6 Meneruskan E-mail (Forward)
Bagaimana jika e-mail  yang Anda  terima akan Anda  kirimkan ke alamat yang lain? Dalam hal ini Anda  dapat meneruskan e-mail yang Anda  terima kepada alamat yang lain.

Kegiatan : Meneruskan E-mail
 

Berikut ini langkah-langkah meneruskan e-mail.
(1)   Buka dan bacalah e-mail.
(2)   Klik teks link  Forward.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(3)   Masukkanlah alamat e-mail yang ingin Anda  tuju.
(4)   Ketiklah isi surat jika Anda  ingin menambahkan e-mail dengan kata-kata Anda  sendiri.
(5)   Klik tombol kirim.
(6)   Jika proses pengiriman berjalan lancar, halaman web yang menyatakan pengiriman telah selesai dilakukan.
Amati Halaman web yang ditampilkan.

2.2.7 Menggunakan E-mail untuk Mengirimkan File
Bagaimana mengirim file  dengan e-mail? Lewat e-mail Anda  dapat mengirim file seperti halnya surat biasa yang dilengkapi dengan lampiran.  Pengantar file dapat disampaikan langsung melalui editor e-mail dan file  merupakan lampiran. File  dapat berupa gambar (.jpg,.gif), dokumen (.doc), Excel (.xls), kompresi (.zip) atau file  program (.exe). File  yang Anda  sertakan dalam e-mail tergantung ukurannya, jika ukurannya kecildapat disertakan lebih dari satu. Namun, total ukuran file -file  tersebut tidak oleh melebihi dari 1 MB (misalnya).
Text Box: Kegiatan : Mengirim File


Langkah-langkah untuk mengirimkan file  melalui e-mail adalah sebagai berikut.
(1)   Klik teks link  kemudian tulis surat.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(2)   Isikan alamat e-mail penerima dan subjek e-mail.
(3)   Ketik isi e-mail.
(4)   Di bawah isi surat, cari dan klik tombol browse.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(5)   Cari dan kemudian pilih file  yang ingin disertakan di e-mail, misalkannya file  gambar (.jpg).
(6)   Klik tombol open.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(7)   Di bagian bawah, Anda  dapat melihat path dan nama file  yang disertakan dalam e-mail tersebut. Jika masih ada file  yang ingin diikutkan, klik tombol browse yang ke dua.
(8)   Klik tombol kirim untuk mengirimkan e-mail bersama dengan file  attachment nya.
Amati Halaman web yang ditampilkan.


2.2.8 Menyimpan File  Attachment
File  yang disertakan dalam e-mail dapat berbentuk file  attachment. E-mail dengan file  attachment diberikan tanda khusus di kolom status di kotak surat. Bagaimana membuka file  attachment?

Kegiatan : Membuka File Attachment
 

Berikut ini langkah-langkah membuka file  attachment.
(1)   Bukalah e-mail yang memuat file  attachment.     
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(2)   Perhatikan di bawah teks isi e-mail, Anda  dapat melihat nama file  yang disertakan dalam e-mail tersebut.
(3)   Klik kanan di nama file  attachment.
(4)   Klik Save As Target.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(5)   Tentukan folder di mana Anda  menyimpan file  tersebut. Nama file  attachment akan diberikan sesuai dengan nama file  aslinya. Anda  dapat mengganti nama file  tersebut jika Anda  menghendaki.
(6)   Klik tombol save.
(7)   Tunggu proses penyimpanan file  sampai tuntas.
(8)   Klik tombol open untuk membuka file  tersebut, klik tombol open folder untuk membuka folder di mana file  tersebut disimpan atau klik close untuk menutup kotak dialog download complete.
(9)   Jika file  yang disertakan lebih dari satu, lakukan hal yang sama untuk file  yang lain.

2.2.9 Menghapus E-mail
Apabila Anda  banyak menerima kiriman e-mail, suatu ketika kotak surat Anda  akan penuh. Untuk mengosongkannya Anda  dapat menghapus e-mail yang sudah tidak Anda  perlukan lagi. Bagaimana menghapus e-mail? Setelah Anda  membaca e-mail tersebut (pada saat e-mail dibuka), Anda  dapat melakukan dengan cara meng klik teks link  Hapus. Apabila Anda  akan menghapus e-mail dari kotak surat, beri cek list di kotak cek e-mail yang bersangkutan, kemudian klik tombol delete. Jika Anda  ingin menghapus seluruh e-mail, berilah cek list dengan select all kemudian klik tombol delete. Semua e-mail yang tertandai akan dihapus sekaligus.



2.2.10 Etika Mengirim E-mail
E-mail telah mengubah banyak kebiasaan Anda  dalam berkomunikasi. Komunikasi surat-menyurat antar rekan kerja atau bisnis, teman dan keluarga sudah banyak digantikan oleh e-mail. Hal ini membuktikan e-mail merupakan alat komunikasi yang banyak digunakan saat ini. Sebagai alat komunikasi, menggunakan e-mail juga mempunyai etika-etika yang hendaknya Anda  patuhi agar komunikasi yang Anda  lakukan berjalan dengan baik. Komunikasi yang tidak disertai dengan etika, akan menmyebabkan tujuan komunikasi tidak sampai. Bentuk komunikasi lewat e-mail berbeda dengan bentuk komunikasi biasa yang Anda  kenal selama ini. Karena itu, sebagaimana bentuk komunikasi biasa yang mempunyai etika sendiri-sendiri, berkomunikasi dengan e-mail juga mempunyai etika tersendiri.
Beberapa etika bere-mail yang perlu Anda  terapkan adalah sebagai berikut.
1)   Langsung ke pokok permasalahan
Membaca e-mail yang terlalu panjang dari yang semetinya dapat membuat orang lain menjadi bosan. Oleh karena itu, usahakan agar e-mail yang Anda  tulis tepat pada sasaran, sehingga tidak perlu terlalu panjang.

2)   Jawablah semua pertanyaan
Jika Anda  membalas atau me-reply e-mail usahakan agar semua informasi yang ditanyakan orang lain Anda  jawab. Apabila Anda  tidak mengetahui  jawab tidak karena mungkin saja pertanyaan yang sama akan ditanyakan lagi apabila tidak dijawab. Hal ini tentu saja mengganggu Anda.

3)   Lakukan Pengeditan
Sebelum mengirim e-mail, ada baiknya Anda  mengedit kembali tulisan e-mail Anda. Kata-kata yang tidak tepat atau kesalahan penulisan yang Anda  biarkan akan memberi kesan yang tidak baik bagi penerima e-mail.
Bila Anda  mem-forward sebagian atau seluruh pesan pada pihak lain, kadang-kadang akan muncul tanda “>” atau”>>” di setiap baris isi e-mail yang akan Anda  forward. Anda  sebaiknya menghapus tanda “>” atau”>>” tersebut dengan demikian penerima e-mail yang Anda  forward dapat membaca isi e-mail Anda  tanpa teganggu dengan tanda-tanda di atas.
Mem-forward  e-mail tanpa menghilangkan tanda “>” atau “>>” dapat menimbulkan kesan Anda  tidak peduli apakah  pesan yang terdapat di e-mail yang Anda  forward diterima dengan baik atau tidak. Namun, pada sebagian website  e-mail, tanda “>” tidak akan ditampilakan apabila Anda  mem-forward e-mail.

4)        Gunakan subjek yang sesuai
Selalu gunakan subjek atau judul yang sesuai. Subjek atau judul yang sesuai akan memudahkan penerima e-mail Anda  menangkap informasi yang ingin Anda  sampaikan karena judul e-mail akan langsung membuka pikiran penerima akan topik yang Anda  bahas. Jika Anda  saling bertukar e-mail beberapa kali, topik pembicaraan berubah dari sebelumnya, jangan lupa mengubah subjek e-mail.

5)        Hapus pesan reply yang tidak perlu
Me-reply e-mail tanpa menghapus isi e-mail terdahulu kadang-kadang membantu penerima e-mail untuk mengingat apa yang sudah kirimkan kepada Anda . Hal ini akan membantu penerima e-mail untuk mengakap pesan balasan dari Anda . Namun, seringkali setelah berbalas e-mail beberapa kali, topik Anda  sudah berubah dan tidak berhubungan lagi dengan sebelumnya. Jika hal ini terjadi, ada baiknya Anda  enghapus pesan-pesan sebelumnya. 

6)        Jangan meneruskan e-mail berantai
Kadang-kadang Anda  menerima e-mail yang berupa cerita-cerita humor atau hal-hal lain dan kemudian meminta  Anda  untuk meneruskan e-mail tersebut kepada sejumlah orang, bila tidak maka Anda  akan mendapat suatu ancanaman. Hal seperti ini cukup mengesalkan, sebaiknya Anda  tidak usah mengirimkan kepada orang lain atau teman-teman Anda, karena jika Anda  kesal menerima e-mail semacam ini, orang lain juga akan merasakan seperti itu.

7)        Hormati privacy (kerahasiaan) orang lain
 Bila Anda  sedang mengirim e-mail ke sejumlah orang yang mungkin satu-sama lain tidak saling mengenal,  gunakan “bcc” atau “blind carbon copy” agar alamat-alamat  mereka tidak saling diketahui. Sebagian orang tidak suka kalau alamat e-mailnya diberikan sekalipun tanpa sengaja. Selain itu, alamat e-mail sering digunakan orang yang tidak bertanggung jawab dengan cara mengirimkan “spam” ke alamat e-mail tersebut.

8)        Jangan melakukan SPAM
Mungkin saja Anda  tidak sengaja  menggunakan alamat-alamat e-mail yang didapat dari “ “forwarded e-mail”, kemudian menggunakannya tanpa permisi, ini termasuk bentuk spam, dan jangan lakukan.


9)   Gunakan huruf besar seperlunya
Dalam menulis e-mail, Anda  tidak boleh menggunakan huruf besar semua. Menulis dengan mengaktifkan huruf besar (tombol “Caps Lock”) dapat diartikan sebagai pertanda kemarahan atau Anda  sedang berteriak-teriak. Oleh karena itu, gunakan huruf besar seperlunya seperti layaknya kalau Anda  menulis surat biasa.

10)    Hati-hati bila menggunakan singkatan dan emoticon
Anda  perlu berhati-hati menggunakan singkatan-singkatan dan emoticon (simbol emosi), karena belum tentu penerima mengerti apa yang Anda  maksud. Lebih-lebih jika Anda  mengirimkan e-mail untuk urusan resmi. Kesalahan pengertian dari penerima e-mail akan merugikan Anda  sendiri.

11)    Jangan terbawa emosi
Jika Anda  memerima e-mail yang kurang menyenangkan, jangan dibalas saat itu juga. Anda  perlu memikirkan apa sebenarnya yang dimaksud pengirim. Menunggu beberapa waktu sebelum membalasnya juga akan membuat emosi Anda  yang sudah naik turun kembali. Dengan demikian Anda  dapat berpikir dan bertindak dengan kepala dingin. Kadang-kadang sebenarnya orang lain juga tidak bermaksud menyinggung perasaan Anda. Mungkin saja yang terjadi hanya kesalahpahaman. Banyak persahabatan yang hancur gara-gara menanggapi sesuatu tanpa berusaha memikirkannya dengan bijaksana.

12)    Bersabarlah dalam menunggu balasan e-mail
Anda  harus bersabar bila e-mail yang Anda  kirim belum dibalas. Orang lain mungkin mempunyai kesibukan tersendiri dan belum sempat membalas e-mail Anda . Banyak orang hanya mengecek e-mailnya sekali seminggu, bahkan lebih lama dari itu.

13)    Ketertarikan yang berbeda
Jangan terus-menerus mengirimkan sesuatu pada mereka yang tidak pernha membalasnya, meskipun dengan ucapan terima kasih. Setiap orang mempunyai ketertarikan akan sesuatu hal yang berbeda-beda. Topik yang Anda  anggap menarik belum tentu menarik bagi orang lain. Cerita-cerita yang Anda  anggap lucu bisa saja menjadi cerita bodoh bagi orang lain. Anda  sebaiknya menanyakan apakah dia senang dengan emal yang Anda  kirim.


14)    Jangan lampirkan file  yang tidak perlu
Anda  sebaiknya tidak melampirkan file  yang tidak perlu dalam e-mail Anda . Hal ini sering terjadi secara tidak sengaja. Sering Anda  lupa menghapus file  attachment pada saat mem-forward atau mereply e-mail. File -file  tersebut akan membuat pengelola kotak surat penerima e-mail kesal. Apalagi jika file  tersebut berukuran besar.

15)    Buatlah layout yang baik
Membaca e-mail kadang tidak nyamankarena harus membaca sesuatu di depan komputer. Apalagi Anda  sudah bekerja di depan komputer seharian. Oleh karena itu, jika Anda  mengirim e-mail, sebaiknya Anda  membuat layout yang baik sehingga penerima e-mail dapat membacanya dengan lebih mudah. Usahakan jangan menggunakan kalimat yang panjang, dan untuk memudahkan pembaca, dapat menambahkan baris kosong di setiap paragraf.

2.3 Mengelola Kartu Elektronik
2.3.1 Mengirimkan Kartu Elektronik
Selain mengirimkan e-mail, Anda  juga dapat mengirimkan kartu elektronik melalui internet. Dengan menggunakan kartu elektronik, Anda  dapat mengucapkan salam atau selamat kepada orang lain (misalnya ulang tahun).
            Agar dapat mengirimkan kartu elektronik, Anda  harus mengetahui alamat e-mail orang yang akan dikirim. Hal ini disebabkan kartu elektronik akan dikirim ke alamat e-mail. Ada banyak website  yang menyediakan fasilitas untuk mengirim kartu elektronik, baik website  yang berbahasa Inggris  maupun berbahasa Indonesia.
            Plasa.com juga dilengkapi dengan fasilitas untuk mengirimkan kartu elektronik. Namun jika Anda  ingin mengirimkan kartu elektronik melalui plasa.com Anda  harus memiliki alamat e-mail. Jika Anda  sudah memiliki alamat e-mail di plasa.com, Anda  tidak perlu mendaftar lagi. Jika Anda  memiliki e-mail selain di plasa.com maka Anda  harus mendaftar terlebih dahulu. Pada saat  mengirim kartu elektronik di plasa.com Anda  harus login terlebih dahulu.

Kegiatan : Mengirim Kartu E-mail

 

Langkah-langkah untuk mengirimkan kartu elektronik adalah sebagai berikut.
(1)          Tampilkanlah website  plasa.com di jendela browser.
(2)          Cari dan klik teks link  e-kartu di halaman web.
          Amati Halaman web yang ditampilkan.
(3)          Masukanlah user id dan password, kemudian klik tombol login.
          Amati Halaman web yang ditampilkan.
(4)          Pilihlah kategori kartu yang ingin Anda  gunakan. Hari-hari khusus bisnis, Hari istimewa dan sebagainya. Misalkan Anda  memilih ulang tahun yang terdapat dikategori hari istimewa.
          Amati Halaman web yang ditampilkan.
(5)          Dihalaman web akan ditampilkan berbagai kartu sesuai dengan kategori yang Anda  pilih. Pilihlah kartu yang menurut Anda  menarik.
          Amati Halaman web yang ditampilkan.
(6)          Gerakkan scroll bar vertical untuk melihat bagian bawah.
          Amati Halaman web yang ditampilkan.
(7)          Isilah data-data kartu elektronik yang akan di kirim, lengkapi dengan musik pengiring. Musik pengiring yang digunakan dapat dipilih dari daftar yang ada
(8)          Untuk memperindah tampilan kartu,  dapat menambahkan emoticon pada kartu. Caranya adalah dengan mengklik icon emoticon disamping kotak teks.
Jendela browser  untuk emoticon akan ditampilkan
(9)          Pilihlah emoticon yang ingin Anda  tambahkan dengan cara mengkilknya.
(10)      Kembali ke halaman web.
(11)      Bila tidak ada lagi data-data dan emoticon yang ingin kita tambahkan, klik tombol kirim di halaman web.
Halaman web yang menampilkan kartu hasil pengaturan yang Anda  buat akan ditampilkan.
(12)      Jika tampilan kartu yang diinginkan belum sesuai dengan keinginan, dapat diatur kembali dengan cara mengklik tombol back, dan  jika ingin mengirimkan kartu klik tombol kirim kartu.
Kartu yang Anda  buat akan di kirim, tunggu sampai proses pengiriman selesai dan halaman web yang menyatakan pengiriman kartu sudah selesai di tampilkan.

2.3.2 Membuka Kartu Elektronik
Kartu elektronik dikirimkan ke e-mail penerima .Jika Anda  menerima kartu elektronik, Anda  akan tahu dari e-mail yang masuk kekotak surat e-mail Anda. Di kotak surat akan terdapat e-mail yang memberitahu bahwa Anda  mendapatkan kartu elektronik.



Kegiatan : Membuka Kartu Elektronik



 

Untuk membuka kartu elektronik Anda  dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut.
(1)     Masuk ke kotak surat.
(2)     Di kotak surat, Anda  akan mendapati e-mail yang memberi tahu Anda  mendapatkan kartu elektronik.
(3)     Buka e-mail tersebut.
Isi dari e-mail akan ditampilkan dari e-mail Anda  akan menemukan alamat URL dari kartu elektronik yang dikirim kepada Anda.
(4)     Klik alamat URL tersebut.
Kartu yang dikirim kepada Anda  akan ditampilkan.

Bila kartu elektronik dilengkapi dengan musik  atau pengiring, musik tersebut akan terdengar pada saat kartu ditampilkan,  jika komputer dilengkapi dengan speaker atau perangkat suara lainnya.

2.4 Mengelola Mailing list
2.4.1 Pengertian Mailing List
Mailing list disebut juga milis  adalah kumpilan dari e-mail yang membentuk sebuah kelompok .Milis  mempunyai alamat sendiri yang disebut dengan alamat milis . Setiap e-mail yang dikirim kealamat milis  tersebut akan dikirimkan ke alamat-alamat e-mail yang terdaftar  sebagai anggota. Milis  banyak dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi antar anggota kelompok. Kelompok tersebut dapat berupa kumpulan orang yang seprofesi, punya hobi atau minat yang sama, anggota organisasi, teman-teman sekelas dan sebagainya. Milis  bisa menjadi tempat untuk berdikusi  berbagai cerita dan bagi orang-orang yang tergabung dalam kelompok tersebut.
Milis  merupakan bentuk lain dari e-mail. Oleh karena itu sifat-sifat milis  sama dengan e-mail. Bedanya alamat milis  dapat dikatakan merupakan kumpulan dari alamat-alamat e-mail. Di internet ada banyak e-mail yang menyediakan jasa layanan milis  , di antaranya plasagroups , yahoogroups, dan masih bayak lagi.

2.4.2 Membuat Mailing List
Anda  dapat membuat milis  sendiri di website  penyedia jasa layanan milis . Milis  tersebut dapat Anda  manfaatkan untuk sarana komunikasi antar teman sekelas. Anda  dapat berdiskusi, ngerumpi, dan berbagai informasi di milis . Sehingga pada saat Anda  lulus mempunyai sarana untuk tetap menjaga hubungan dengan teman-teman sekelas walaupun saling berjauhan .

Kegiatan : Membuat Milis



 

Langkah-langkah untuk membuat milis  di plasa groups sebagai berikut.
(1)   Tampilkan plasa.com pada browser  internet explorer.
(2)   Pada bagian atas plasa.com, klik teks link  milis .
Halaman web untuk memulai membuat milis  akan ditampilkan. Halaman web tersebut juga dapat ditampilkan dengan mengetik http://groups.plasa.com pada address bar internet explorer.
(3)   Masukkan user id dan password.
(4)   Klik login.
Halaman web untuk langkah selanjutnya akan di tampilkan.
(5)   Pada halaman web yang ditampilkan Anda  akan melihat berbagai kategori milis  yang harus dipilih.
(6)   Pilihlah kategori milis  yang akan Anda  buat.
Pada halaman web yang muncul pilihlah sub kategori yang Anda  buat.
(7)   Klik teks link  milis  dalam kategori ini halaman web untuk mengisi data-data milis  akan ditampilkan.
(8)   Isikan data-data milis  kemudian klik tombol buatkan milis  .
Halaman web untuk mengkonfirmasikan data-data yang sudah Anda  isikan akan ditampilkan.
(9)   Perhatikan kembali data-data yang sudah Anda  isikan. Anda  dapat mengklik tombol ulangi untuk mengaturnya kembali jikas pengaturan yang Anda  buatkan sudah selesai klik tombol buatkan milis .
Tunggu sampai halaman web yang menyatakan pembuatan milis  sudah selesai ditampilkan.

Bila halaman web yang menyatakan pembuatan milis   kitya telah selesai di tampilkan, ini berarti milis  Anda  sudah dapat digunakan namun milis  Anda  masih beranggotakan Anda  sendiri. Untuk menambahkan anggota Anda  dapat mengundang orang lain melaui e-mail atau dengan cara orang lain mendaftar ke milis  Anda. Di halaman web yang Anda  tampilkan Anda  dapat melihat alamat dari milis   yang Anda  buat. Alamat milis   untuk mendaftar dan lamat milis untuk keluar. Jika Anda  ingin orang lain menjadi anggota milis , Anda dapat meminta dia untuk mengirimkan e-mail ke alamat pendaftaran milis  Anda.
            Di plasagroups alamat untuk mendaftar ke alamat milis  adalah  alamat milis tersebut ditambah dengan tanda minus dan diikuti kata daftar , sedangkan alamat milis  untuk keluar dari milis  asdalah alamat milis  ditambah tanda minus dan diikuti kata keluar. Misalnya alamat milis  Anda  adalah 3bciptakaryabdg@plasagroups.com, alamat untuk mendaftar menjadi anggota milis akan menjadi  3bciptakaryabdgdaftar@plasagroups.com dan alamat berhenti untuk menjadi anggota milis adalah 3bciptakaryabdg-keluar@plasagroup.com untuk  milis  yang menggunakan bahasa inggris kata daftar biasanya diganti dengan kata subscribe dan kata keluar biasanya diganti dengan kata unsubcribe.
            Kadang-kadang pembuatan milis  gagal dilakukan hal ini dapat sdisebabhkan oleh karena nama milis  yang Anda  buat sudah ada atau juga karena timbulnya error di server  plasagroups. Hal ini dapat juga disebabkan oleh koneksi komputer Anda  ke internet mengalami gangguan. Jika pembuatan milis gagal dilakukan, akan ditampilkan halaman web yang memberitahu hal tersebut kepada Anda. Jika hal ini terjadi Anda  da[pat mencobanya lagi.

2.4.3 Mengirimkan e-mail ke milis  
Mengirim e-mail ke milis  pada dasarnya sama dengan mengirimkan e-mail  yang Anda  lakukan . Kepada sebuah, alamt e-mail .Perbedaannya alamat e-mail yang Anda  kirim ke alamat milis  akan dikirim ke banyak orang oanggota milis, e-mail yang Anda  kirim ke alamat milis  akan dikirimkan kepada Anda  juga.

1)  Pertimbangan menjadi anggota milis  
Jika Anda  ikut dalam sebuah milis  maka milis  tersebut dapat memberikan keuntungan kepada Anda. Anda  dapat menerima informasi dari orang lain melakukan diskusi yang dapat menambah wawasan Anda  maupun tetap menjaga hubungan dengan teman-teman lama Anda  (misalnya teman kuliah, teman sekolah dan sebagainya). Namun demikian milis  juga dapat menyusahkan Anda.  E-mail yang masuk dalam jumlah banyak seringkali sangat mengganggu dan membuat kotak surat Anda  cepat penuh, apalagi jika Anda  tidak mempunyai waktu untuk membaca satu persatu e-mail tersebut.
Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk ikut sebuah milis, ada beberapa hal yang Anda  jadikan sebagai bahan pertimbangan sebagai berikut.
a.       Tujuan milis  
Anda  harus mengetahui tujuan dari milis  tersebut dengan jelas . Dengan demikiasn Anda  mengetahui apakah milis  tersebut dapat bermanfaat atau tidak bagi Anda. Jika Anda  menganggap hal tersebut bermanfaat maka Silakan  bergabung jika mtida , lebih baik jangan bergabung.

b.       Seberapa banyak e-mail yang masuk
Anda  juga perlu tahu seberapa banyak e-mail masuk kemilis  tersebut .E-mail ke milis  yang terlalu banyak akan merepotkan Anda  .Apalagi jika tidak semua e-mail penting .Kotak surat Anda  bias jadi cepat penuhm .Apalagi jika Anda  tidak rajin membuka e-mail dan tidak punya waktu untuk menghapusnya.

c.       Waktu yang Anda  miliki membuka e-mail
Anda  juga harus mempertimbangkan waktu yang Anda  miliki untuk membuka e-mail . Jika Anda  tidak punya waktu yang cukup untuk membaca e-mail  yang masuk melalui milis  hanya akan merepotkan Anda  saja. Tentu saja e-mail tersebut tidak berguna bagi Anda  jika tidak sempat untuk membacanya.

2)  Mendaftar menjadi anggota milis  
Setelah Anda  membuat milis, orang lain dapat mendaftar menjadi anggota milis  tersebut. Selain milis  yang sudah Anda  buat, Anda  dapat menemukan milis  yang terdapat di internet dan dapat mendaftar menjadi anggotanya.

Text Box: Kegiatan : Mendaftar Milis

Berikut ini contoh bagaimana mendaftar menjadi anggota sebuah milis. Dalam hal ini mendaftar menjadi anggota milis  yang sudah Anda  buat.
(1)     Masuklah ke login alamat e-mail Anda.
(2)     Klik teks link  tulis surat.
(3)     Masukkan alamat e-mail untuk mendaftar ke milis  tersebut ke kotak teks to subjek beserta isi surat kosongkan saja.
(4)     Klik tombol kirim.
Setelah pesan terkirim maka Anda  akan menerima sebuah e-mail untuk konfirmasi pendaftaran milis  yang Anda  lakukan.
(5)     Bukalah e-mail tersebut.
Isi e-mail akan ditampilkan.
(6)     Anda  akan diminta untuk membuka link  yang terdapat diisi surat untuk mengkonfirmasikan pendaftaran Anda.
(7)     Klik link  tersebut.
Sebuah jendela internet explorer baru akan dibuka dan menampilkan halaman web yang memberitahukan pendaftaran Anda  sebagai anggota milis  telah selesai.
(8)     Anda  juga akan menerika sebuah e-mail yang menyatakan proses pendaftaran.
Anda  menjadi anggota milis  telah selesai.

Setelah selesai mendaftar sebagai anggota milis, maka sekarang Anda  akan mulai menerima e-mail dari milis  teresebut.
            Di plasagroups, Anda  dapat juga mencari dan menemukan banyak milis. Jika Anda  tertarik dan ingin bergabung dengan sebuah milis, dapat mendaftar menjadi anggota milis  tersebut.

3) Berhenti dari anggota milis
Setelah beberapa waktu, mungkin ada Anda  merasa bahwa milis  yang diikuti sudah tidak memberikan manfaat bagi Anda dan ingin mengakhiri menjadi anggota. Ada beberapa pertimbangan atau keadaan yang membuat Anda  sebaiknya berhenti menjadi anggota milis di antaranya:
(1)    Bila Anda  harus pergi keluar kota untuk jangka waktu yang lama dan tidak  dapat membuka e-mail.  Jika tidak maka kotak surat Anda  akan dipenuhi dengan e-mail dari milis. Akibatnya jika ada e-mail penting menjadi terhalang  dan tidak dapat Anda  terima.
(2)    Jika Anda  merasa tujuan dari milis  tersebut melenceng atau Anda  tidak mendapatakan apa yang Anda  harapkan. 
(3)    Jika Anda  tidak punya waktu untuk membaca e-mail-e-mail yang masuik .
Akibatnya e-mail dari milis  yang Anda terima menjadi tidak berguna. Bila Anda  ingin berhenti dari milis, dapat mengirim e-mail untuk berhenti menjadi anggota milis.
Kegiatan : Mengakhiri milis



 

Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut :
(1)     Masuk ke kotak surat e-mail.
(2)     Klik teks link  tulis surat untuk membuat sebuah e-mail.
(3)     Di kotak teks To isikanlah alamat untuk berhenti menjadi anggota dari milis  yang Anda  ikuti.
(4)     Kosongkan subjek dan isi surat.
(5)     Klik tombol kirim.
Anda  akan menerima e-mail yang memberitahukan bahwa Anda  sudah keluar dari milis.

4)  Chatting
Internet merupakan sarana komunikasi yang murah, dilengkapi berbagai aplikasi sebagai sarana komunikasi.  Sarana komunikasi lain yang ada di internet yang disebut dengan IRC atau Internet Relay Chat.
a. Pengertian IRC
Internet Relay Chat (IRC) merupakan aplikasi internet yang memungkinkan Anda  berkomunikasi secara real time. Real time artinya seketika atau saat itu juga pesan disampaikan, akan diterima, dan dibahas pada saat itu juga. Berbeda dengan e-mail, komunikasi dengan IRC bisa terjadi apabila Anda  dan  lawan komunikasi sama-sama terhubung ke internet pada waktu yang sama. IRC memungkinkan Anda  bercakap-cakap dengan orang lain menggunakan tulisan.
Berkomunikasi menggunakan IRC disebut chatting, sedangkan orang yang melakukannya disebut chatter. Chatting menjadi kegiatan yang mengasikkan karena dapat berkomunikasi secara real time dengan biaya yang murah. Anda  dapat berkomunikasi dengan orang dari belahan dunia dan dari berbagai latar belakang. Chatting dapat juga Anda  manfaatkan jika Anda  mempunyai teman atau keluarga yang berada di tempat jauh.
            Untuk chatting, Anda  harus konek ke internet di tambah dengan program chatting. Beberapa program chatting antara lain mIRC, Pirch, dan Virc.  Program chatting dapat juga digantikan dengan website  yang menyediakan fasilitas chatting seperti bandungchat (www.bandungchat.com), boleh.com (www.boleh.com) dan sebagainya.

b. Simbol dan Singkatan dalam Chatting
Ada banyak singkatan atau istilah yang digunakan dalam chatting. Singkatan atau istilah tersebut bisa dinyatakan sebagai bahasa chatting. Agar komunikasi berjalan lancar pada saat chatting, Anda  perlu mengerti arti bahasa chatting  tersebut. Beberapa bahasa chatting  yang sering digunakan dapat Anda  lihat di Tabel 2.1.

Tabel 2.1 : Beberapa bahasa chatting
Singkatan
Arti
Wb
Welcome back (selamat datang kembali)
Asap
As soon as possible (sesegera mungkin)
Imo
In my opinion (menurit pendapat saya)
Jk
Just Kidding (hanya bercanda)
Brb
Be right back (segera kembali)
Cul
See you later (sampai jumpa lagi)
cu
See you (sampai jumpa)
oic
Oh I see (ya saya mengerti)
Thx/thax
Thanks (terima kasih)
btw
By the way (ngomong-ngomong)
gtg
Go to go (saya harus pergi)
Asl
Age/sex/location (umur/jenis kelamin/lokasi)
24/m(f)/bdg
24 tahun/laki-laki (perempuan)/bandung
pls
Please (tolong/silakan)
pv
Private (pribadi)
japri
Jalur pribadi
u
You (anda )
ul
You first (anda  duluan )
Nu
And you (dan anda  )
gpp
Nggak apa-apa
2
To
b
Be
kul
Kuliah
ker
Kerja
kul or ker?
Kuliah atau kerja?
co
Cowok
ce
Cewek
np, nop
No problem (nggak masalah)
b4
Before = sebelumnya
dc
Disconnected = proses chatting  terputus
rc
Hi again = halo lagi
hi 2
Hi too = halo juga

Dalam chatting, Anda  berkomunikasi dengan orang lain dengan menggunakan teks yang Anda  ketik. Anda  tidak dapat melihat ekspresi wajah lawan bicara,  demikian juga sebaliknya, sehingga Anda  tidak tahu emosi lawan bicara Anda.  Oleh karena itu,  untuk menunjukkan emosi Anda  kepada lawan bicara Anda , Anda  dapat menggunakan simbol-simbol. Simbol-simbol emosi (sering disebut emotion) yang umum digunakan dalam chatting dapat Anda  lihat di Tabel 2.2.



Tabel 2.2 : Simbol Emosi dalam Chatting
Simbol
Arti
:-)
Smile,happy, fun
:-)
Very glad, sangat senang
:-}
Tersenyum lebar
J
Tersenyum
:)
Senang, Tersenyum
:(
Cemberut
:-D
Laugh, tertawa terbahak-bahak
:-o
Spellbound, terpesona
:-*
Kiss
;-)
Main mata
:P
Aku menganggap anda  seorang teman
>:-
Kind-hearted, baik hati
()
Peluk
=:o
Be afraid, terkejut
:-!
Hmmmm
:-\
Be wary, uncertain, ragu-ragu
:-P
Ridicule, stuck out tongue, mengejek, menjulurkan lidah
:-(
Sad, sedih
:’-(
Cry, menangis
:-!!
Angry, marah
>>:-<<
Marah besar
>-<
Naik darah
(:-&
Marah
:*
Cium dong
:!
Bosan dan sedih
:( )
Mulut besar, Berteriak
:@
Apa
%-(
III, sick
%-)
Bingung
%-6
Bego
%-6
Mati Kutu
: ~ ~p
Ngiler
%*@:-C
Computer hang
: -
Cowok
> -
Cewek

Apabila Anda  masih baru dalam dunia chatting, akan sulit bagi Anda  menghafal semua bahasa dan simbol-simbol di atas. Bila Anda  menemukan bahasa atau simbol chatting  yang Anda  tidak mengerti, jangan malu untuk bertanya. Anda  dapat bertanya dengan cara mengulangi bahasa atau simbol chatting yang dikirimkan. Misal, jika Anda  menerima simbol “:-ll” dan Anda  tidak mengerti. Anda  dapat bertanya dengan mengetik “:-l?”. Teman chatting Anda  akan menerangkannya. Semakin sering Anda  chatting, semakin banyak bahasa dan simbol-simbol yang Anda  kenal.

5) Etika Chatting
Chatting adalah berkomunikasi dengan orang lain, seperti sehari-hari. Chatting mempunyai etika yang harus dijaga. Beberapa etika chatting yang perlu Anda  perhatikan adalah sebagai berikut.
(1)    Gunakan bahasa yang sopan.
Kata-kata yang kasar dan kurang sopan dapat menyebabkan Anda  dikeluarkan dari channel oleh operator channel.
(2)    Jangan menggunakan huruf besar.
Penggunaan huruf besar akan diartikan oleh sedang berteriak-teriak.
(3)    Jangan melakukan spam atau mengirimkan informasi/iklan yang tidak penting secara beruntun karena orang akan merasa terganggu.
(4)    Jangan menggunakan warna yang mencolok.
(5)    Jika orang lain mengajak berbicara tentang topik yang Anda  tidak suka (seks, politik dan sebagainya), tolak dengan tegas namun halus.
(6)    Hindari pertengkaran atau perdebatan yang sengit.
Anda  chatting untuk mencari teman dan menyenagkan diri, bukan mencari lawan dan untuk membuat stress. Jika Anda  mendapatkan kata-kata kasar atau tidak senonoh, sebaiknya Anda  tidak usah melayaninya lagi dengan kata-kata yang sama.

6)  Manfaat Chatting
Chatting membuat komunikasi Anda  berjalan lancar, bersifat real time, dan biaya murah. Ada beberapa manfaat chatting yang dapat Anda  peroleh, antara lain:
a.       Sarana murah dan mudah
Chatting dapat Anda  manfaatkan sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan biaya murah. Misalnya, Anda  ingin berbicara dengan teman, saudara atau orang tua yang tinggal di luar negeri atau di luar daerah lain. Chatting merupakan pilihan komunikasi yang mudah dan murah.

b.      Konsultasi dengan dokter
Beberapa website  menyediakan jasa konsultasi kesehatan dengan dokter, dan Anda  dapat memanfaatkan layanan tersebut.

c.        Berhubungan dengan para pakar
Beberapa website  menyediakan jasa konsultasi dengan pakar, dan Anda  dapat berkomunikasi melalui chatting dengan pakar tersebut.

d.       Mengetahui isi buku
Melalui www.libraryplanet.com Anda  dapat chatting tentang isi sebuah buku.

e.        Mendapatkan teman baru
Anda  dapat menemukan teman baru dari seluruh dunia melalui chatting. Teman dari belahan dunia yang berbeda dapat memberikan informasi yang berbeda kepada Anda.

f.         Sarana belajar dan diskusi
Website  belajar jarak jauh umumnya menyediakan fasilitas chatting untuk belajar dan berdiskusi dengan dosen maupun sesama teman sekelas.

7) Mengelola mIRC
Program chatting yang paling terkenal di Indonesia saat ini adalah mIRC. Hampir semua warnet di Indonesia menggunakan program chatting  tersebut sebagai program chatting mereka. Karena itu, pada sub materi ini, Anda  akan membahas chatting dengan menggunakan mIRC.

a. Mendownload mIRC
Bila Anda  ingin chatting dengan mIRC, Anda  harus meng-install program tersebut di komputer Anda.  Program mIRC  dapat di-download dari website  mIRC (www.mirc.com) secara gratis.
            Langkah-langkah untuk men-download program mIRC adalah sebagai berikut.
(1)   Jalankan browser .
(2)   Di address bar, masukkan alamat website  mIRC (www.mirc.com).    Website  mIRC akan ditampilkan.
(3)   Carilah teks link  untuk men-download program mIRC, kemudian download  program tersebut.

Di website  mIRC, selain mendownload program mIRC, juga dapat mencari informasi seputar chatting dengan mIRC.

b. Menginstall mIRC
Setelah men-download program mIRC, maka selanjutnya meng-install program tersebut.

Kegiatan : Menginstall mIRC


 

Langkah-langkah untuk menginstall mIRC adalah sebagai berikut.
(1)          Carilah file  install mIRC yang sudah Anda  download.
(2)          Klik dua kali di file  tersebut.
Kotak dialog installasi akan ditampilkan.
(3)          Klik tombol Next.
Langkah selanjutnya akan ditampilkan.
(4)          Di kotak dialog persetujuan, Klik tombol Yes.
Langkah selanjutnya akan ditampilkan.
(5)          Pada langkah selanjutnya Anda  diminta menemukan folder dimana program mIRC akan di-install. Secara default, mIRC akan di-install di C:\Program file \mIRC. Jika Anda  ingin meng-install di folder lain klik tombol browse dan tentukan folder peng-install-an, jika tidak klik tombol install.
(6)          Proses peng-install-an mIRC akan ditampilkan, tunggu sampai proses selesai.
(7)          Jika proses install sudah selesai, klik tombol finish.
Sebuah jendela file -file  mIRC akan ditampilkan.

c. Mengenal Jendela mIRC
Bila ditampilkan, jendela mIRC tidak jauh berbeda dengan jendela aplikasi windows  lain. Jendela mIRC mempunyai menu-menu yang menyimpan perintah-perintah dan tombol-tombol toolbar yang menjadi shortcut perintah-perintah tersebut.
            Jendela mIRC mempunyai tiga jendela yang berbeda yang penting Anda  ketahui seagai berikut.
(1). Jendela status
Jendela status berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi tentang server  yang Anda  gunakan. Jendela status juga menampilkan status koneksi komputer Anda  dengan server.




(2). Jendela channel
Jendela channel berfungsi untuk menampilkan percakapan yang terdapat di channel tersebut. Jendela channel juga menampilkan daftar nama-nama chatter yang tergantung dalam sebuah channel.

(3) Jendela chatting
Jendela chatting merupakan tempat Anda  mengobrol dengan chatter yang lain. Anda  mengetik obrolan Anda  dibagian bawah jendela chatting dan diakhir dengan menekan tombol enter. Daftar obrolan Anda  dengan chatter lain akan ditampilkan di bagian atas jendela tersebut.

d.      Mengunakan mIRC
Menjalankan program mIRC dapat Anda  lakukan degan cara mengklik shortcut mIRC yang terdapat di desktop komputer. Jika shortcut tersebut tidak ditampilkan, Anda  dapat  menjalankan mIRC dari menu start.

Kegiatan : Menjalankan mIRC
 
           

Langkah –langkah untuk menjalankan mIRC dengan menggunakan menu Start sebagai berikut.
(1)      Dari menu start, klik program,  Cari mIRC, klik mIRC.
Jendela mIRC akan ditampilkan.
(2)      Bila program mIRC yang Anda  gunakan belum terdaftar, maka kotak dialog About mIRC akan ditampilkan.
(3)      Klik tombol Register jika ingin mendaftarkan terlebih dahulu, atau klik tombol Continue.
Jika Anda  mengklik tombol Register online now. Anda  akan dihubungkan ke pendaftaran online di website  www.mIRC.com. Anda  akan membayar dengan menggunakan kartu kredit.
(4)      Di  kotak dialog mIRC Option, masukkanah data-data dan nickname yang ingin Anda  gunakan.
Nickname merupakan nama yang akan ditampilkan pada saat Anda  chatting.
(5)      Di kotak daftar Category, Klik server.
Anda  akan diminta memilih server , kemudian klik tombol Connect to server.
(6)      Tunggu sampai komputer Anda  terhubung ke server yang Anda  pilih. Status koneksi ke server dapat Anda  lihat di jendela status.
Kotak dialog mIRC Favorites akan ditampilkan.
(7)      Masukan nama chanel di kotak teks enter a channel name and click join, kemudian klik tombol Join, atau pilihlah channel di mana Anda  ingin mencari teman chatting di kotak daftar Or select a channel from the list below, kemudian klik tombol Join.
Jendela channel yang Anda  pilih akan ditampilkan.
(8)      Di bagian kanan jendela yang ditampilkan, Anda  dapat melihat daftar nama yang ada di channel tersebut.
(9)      Pilihlah salah satu nama dari daftar nama tersebut, klik dua kali di nama tersebut.
Jendela chatting  akan ditampilkan.
(10)  Di bagian bawah jendela tersebut, ketik teks yang ingin Anda  sampaikan kepada teman chatting untuk memulai pembicaraan.
Tunggu sampai orang yang Anda  aja ngobrol membalasnya.
(11)  Anda  dapat chatting dengan beberapa orang sekaligus.
Masing-masing orang akan memiliki jendela sendiri di layar monitor Anda. Jika ingin chatting dengan chatter berikutnya, dapat memilih lagi di daftar nama yang terdapat di channel. Anda  juga chatting di beberapa channel sekaligus.
Program mIRC bersifat shareware. Anda  dapat meng-install dan menggunakannya dalam jangka 30 hari. Sebelum masa itu habis, Anda  harus mendaftar dan membayar biaya pendaftaran. Jika tidak, Anda  tidak dapat menggunakannya. Bila ternyata setelah 30 hari Anda  tidak mendaftar dan tidak dapat menggunakan program mIRC tersebut, Anda  dapat menghapusnya dari komputer Anda  kemudian menginstallnya kembali.
Jika Anda  tidak ingin meng-install ulang terus menerus, Anda  dapat mendaftar secara online, membayarnya, kemudian Anda  akan diberikan user name dan kode register.  Setelah itu, Anda  dapat memasukkan user name dan kode register tersebut.

Kegiatan : Menginstalasi mIRC

 

Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut :
(1)      Dari menu Help, klik Register.
Kotak dialog mIRC Registration akan ditampilkan
(2)      Masukkanl nama dan kode register.
(3)      Klik tombol OK.
Sekali lagi, internet merupakan sumber informasi yang tidak terbatas. Sebenarnya Anda  bisa saja mencari kode register tersebut menggunakan mesin dengan cara memasukkan kata pencarian “serial + mIRC versi yang Anda  gunakan“. Anda  akan menemukan banyak website  yang menyediakan informasi semacam ini, tetapi tentu saja ini melanggar UU HAK Cipta, dan jangan dilakukan.

e.       Mengatur Susunan Jendela mIRC
Setiap orang yang Anda  ajak chatting akan mempunyai jendela chatting sendiri. Ini berati semakin banyak orang yang Anda  ajak ngobrol, maka akan semakin banyak jendela yang terdapat di jendela mIRC Anda. Untuk memudahkan Anda  melihat setiap jendela chatting yang ada, Anda  perlu mengatur susunan dari jendela tersebut.
            Ada dua susunan jendela chatting yang dapat Anda  pilh: Tile dan Cascade. Langkah-langkah untuk mengatur susunan jendela chatting  adalah sebagai berikut.
  1. Klik menu Windows .
  2. Pilihlah susunan jendela yang Anda  inginkan.

f.        Menganti Nickname
Pada saat Anda  chatting , ada kalanya tiba-tiba nickname Anda  berubah. Hal ini bisa disebabkan karena ada orang lain mengunakan nickname yang sama, ataupun karena sebab-sebab yang lain, atau ada kalanya Anda  ingin menggunakan nickname yang lain. Bila hal ini terjadi, Anda  dapat menganti nickname Anda  dengan yang baru.

Kegiatan : Mengganti Nickname

 

Langkah –langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut.
(1)   Klik menu Commands.
(2)   Klik Change nick.
Kotak dialog Input Request akan ditampilkan.
(3)   Masukkan nickname yang baru.
(4)   Klik tombol Ok.

Menganti nickname dapat juga dilakukan dengan cara menjalankan perintah/nick. Caranya adalah dengan mengetik perintah/nick di jendela Channel kemudian diikuti spasi dan nickname Anda  yang baru. Misalnya nick Anda  sebelumnya co_baik dan Anda  ingin ganti dengan pejuang_tangguh, maka Anda  harus mengetik/nick pejuang_tangguh.

g.      Mengirimkan dan Menerima File
Anda  dapat mengirimkan file  kepada teman chatting  Anda . Misalnya Anda  ingin mengirimkan file  foto Anda .
Kegiatan : Mengirim dan menerima File

 


Langkah-langkah untuk mengirimkan file  kepada teman chatting  Anda  adalah sebagai berikut.
(1)          Dari menu tools klik Send File.
Kotak dialog mIRC DCC Send akan ditampilkan.
(2)          Di kotak daftar drop-down Nick, pilihlah nickname orang yang akan Anda  kirim file .
(3)          Di kotak Look in, carilah folder di mana Anda  menyimpan file  yang akan Anda  kirim.
(4)          Pilihlah file  yang akan dikirim.
(5)          Klik tombol Send.
(6)          Koyak dialog proses pengiriman file  akan ditampilkan.
Bila proses pengiriman file  sudah selesai, kotak dialog akan ditampilkan.
(7)          Klik tombol Close untuk mengakhiri proses pengiriman file .

Pengiriman file akan berhasil jika orang yang Anda  kirim file  mau menerima file  tersebut.  Sebelum mengirim file, sebaiknya Anda  memberi tahu teman chatting  karena biasanya enggan menerima langsung jika tanpa pemberitahuan terlebih dahulu karena takut file yang dikirim mengandung virus.
            Sebaliknya, bila Anda  menerima file  dari orang lain, maka langkah-langkah yang harus Anda  lakukan adalah sebagai berikut.
(1)     Penerimaan file  akan ditandai denga munculnya kotak dialog File  Warning.
(2)     Klik tombol Ok.
Kotak dialog mIRC DCC Get akan ditampilkan.
(3)     Jika Anda  ingin menerima file  yang dikirimkan, tentukanlah folder penyimpanan di kotak drop down Save As kemudian klik tombol Accept untuk memulai penerimaan file.
Anda  harus hati-hati terhadap file  yang dikirim orang lain. Karena bisa saja file  yang dikirim orang lain tidak Anda  kenal. Jika Anda  ingin menolak file  yang dikirim, klik tombol Cancel.
(4)     Tunggu sampai proses peneriman selesai.
Bila peneriman selesai, kotak dialog akan ditampilkan.
(5)     Klik tombol Open Folder untuk membuka file  tersebut disimpan.
(6)     Klik tombol Open untuk membuka file  atau klik tombol Close untuk menutup kotak dialog.

h.     Perintah pada mIRC
Ada beberapa perintah yang digunakan di mIRC. Perintah-perintah tersebut digunakan untuk mendapatkan informasi atau untuk melakukan aksi tertentu. Beberapa perintah yang sering digunakan di mIRC adalah sebagai berikut.
(1)   /list
Perintah ini digunakan untuk menampilkan channel yang terdapat di mIRC. Jika Anda  menjalankan perintah tersebut, maka semua channel yang ada akan ditampilkan.

(2)   /msg Nickserv Register
Perintah ini digunakan untuk mendaftarkan nickname dalam sebuah channel. Jika Anda  mendaftarkan nickname, mak hanya Anda  yang dapat menggunakkan nickname tersebut.
      Misalnya:
      /nick vita_sweet
      /msg NickServ REGISTER sweetgirl
            Anda  mendaftarkan nickname vita_sweet dengan password sweetgirl. Setiap orang yang menggunakan nickname vita_sweet akan diminta password. Karena hanya Anda  yang tahu password tersebut, maka hanya Anda  yang dapat menggunakan nickname tersebut.
      
(3)   /whois
Perintah ini digunakan untuk menampilkan informasi chatter tertentu. Miaslnya /whois ce_cantik untuk menampilkan informasi tentang ce_cantik.

(4)   /me
Perintah ini digunakan untuk mengirimkan kepada semua chatter yang terdapat di channel tertentu. Misalnya nickname Anda  vita_sweet, dan Anda  mengetik perintah: /me orangnya cantik lho, maka semua chatter yang ada di channel akan melihat: vita_sweet orangnya cantik lho.

(5)   /clear
Perintah ini digunakan untuk menghapus semua teks yang ada di jendela percakapan.

(6)   /quit
Perintah ini digunakan untuk keluar dari channel sambil meninggalkan pesan, misalnya /quit selamat tinggal semuanya.  Anda  kelua dari channel dan semua chatter di channel yang Anda  tinggalkan akan membaca pesan tersebut.

(7)   /exit
Perintah ini digunakan untuk keluar dari mIRC.


Rangkuman
Internet telah menjadi fasilitas kehidupan modern yang dibanggakan di antaranya sebagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan komunikasi. Layanan e-mail salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang banyak digunakan, karena merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Terdapat tiga jenis layanan e-mail yang dapat Anda  digunakan, antara lain :  POP mail,  e-mail  berbasis web, dan e-mail forwarding.  E-mail telah mengubah banyak kebiasaan Anda  dalam berkomunikasi. Komunikasi surat-menyurat antar rekan kerja atau bisnis, teman dan keluarga sudah banyak digantikan oleh e-mail. Sebagai alat komunikasi, menggunakan e-mail juga mempunyai etika-etika yang hendaknya Anda  patuhi agar komunikasi yang Anda  lakukan berjalan dengan baik. Beberapa etika bere-mail yang perlu Anda  terapkan adalah sebagai berikut : langsung ke pokok permasalahan, jawablah semua pertanyaan, lakukan pengeditan,  gunakan subjek yang sesuai, hapus pesan reply yang tidak perlu, jangan meneruskan e-mail berantai, hormati privacy orang lain, jangan melakukan SPAM, gunakan huruf besar seperlunya, hati-hati bila menggunakan singkatan dan emoticon, jangan terbawa emosi, bersabarlah dalam menunggu balasan e-mail,  ketertarikan yang berbeda, jangan lampirkan file  yang tidak perlu, dan buatlah layout yang baik.
Selain mengirim e-mail, Anda  juga dapat mengirim karu elektronik melalui internet. Dengan menggunakan kartu elektronik, Anda  dapat mengucapkan salam atau selamat (misalnya ulang tahun).  Bila kartu elektronik yang Anda  terima dilengkapi dengan musik  atau pengiring, akan terdengar pada saat kartu ditampilkan, jika komputer dilengkapi dengan speaker atau perangkat suara lainnya . 
Mailing list atau disebut juga milis  adalah kumpulan dari e-mail yang membentuk sebuah kelompok. Milis  mempunyai alamat sendiri yang disebut dengan alamat milis. Setiap e-mail yang dikirim kealamat milis  tersebut akan dikirimkan ke alamat-alamat e-mail yang terdaftar  sebagai anggota.  Milis  banyak dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi antar anggota kelompok.
About The Author
Bie, that's my name. Im just an ordinary blogger.Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id. Eam no corpora maluisset definitiones.
Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Posting Komentar

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Checker
 

Categories

Site Info

Followers

Casava Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa