2.1 Pengantar
Internet telah menjadi fasilitas kehidupan modern yang dibanggakan. Oleh karena itu tentu Anda ingin mengetahui layanan apa saja yang disediakan internet. Yang paling mudah Anda temukan dan sering digunakan orang adalah sebagai fasilitas komunikasi surat-menyurat elektronik. Surat elektronik tersebut dikenal dengan istilah e-mail.
2.2 E-mail
E-mail singkatan dari Electronic Mail yaitu surat elektronik. Layanan e-mail adalah salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan, karena e-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Kepada siapa Anda dapat mengirim e-mail ? Tentu kepada siapa saja yang memiliki akses ke internet dengan alamat yang jelas.
Bagaimana konsep e-mail? Untuk memahami konsep e-mail, Anda bayangkan pengiriman surat melalui pos biasa. Anda dapat mengirim surat kepada seorang teman apabila Anda mengetahui dengan pasti alamat teman Anda pada surat yang akan dikirim. Selanjutnya surat tersebut Anda masukkan ke dalam kotak pos untuk diambil oleh petugas pos dan mengirimkannya kepada teman Anda itu seauai alamat yang tertera. Demikian juga halnya dengan e-mail. Jika Anda ingin mengirimkan e-mail, Anda masuk ke dalam sistem e-mail (internet) kemudian mengirimkan ke alamat e-mail teman Anda. E-mail dapat dikirim kepada beberapa orang secara serentak atau sekaligus. Disamping itu, Anda dapat mengirim file-file yang berupa dokumen, gambar, program dan lain sebagainya bersamaan dengan e-mail yang Anda kirimkan. Terdapat tiga jenis layanan e-mail yang dapat Anda gunakan, yaitu.
(1) POP Mail,
(2) E-mail berbasis web, dan
(3) E-mail Forwarding.
2.2.1 Membuat E-mail
Untuk dapat menggunakan fasilitas e-mail seperti menulis, membaca dan membalas e-mail, Anda harus memiliki account e-mail. Bagaimana caranya memiliki e-mail ? Berikut ini cara mendaftar e-mail di plasa.com.
(1) Masuk ke situs plasa.com.
(2) Klik mail kemudian lengkapilah data Anda pada aplikasi yang disediakan.
Setelah semua sesuai, Anda akan mendapat informasi bahwa Anda telah berhasil mendaftar atau telah memiliki account e-mail dengan user_id dan password yang anda buat. Identitas user_id dan password harus Anda ingat terus karena merupakan kunci bagi Anda pembuka e-mail Anda.
|
|
2.2.2 Login dan Logout
Memasuki sistem e-mail disebut dengan istilah login. Di bawah ini kegiatan login dan logout.
Berikut ini langkah-langkah login :
(1)
Klik e-mail.
Klik e-mail.(2)
Memasukkan user id dan password di kotak teks yang disediakan.
Memasukkan user id dan password di kotak teks yang disediakan. (3) Klik tombol login.
(4) Jika user id dan password yang Anda masukkan benar atau sesuai, proses login akan berhasil. Jika salah atau tidak sesuai, Anda akan diminta memasukkan user id dan password yang benar.
Setelah Anda login, tentu Anda melakukan berbagai aktivitas seperti menulis, membaca, dan membalas e-mail. Apabila Anda sudah selesai menggunakan fasilitas dengan e-mail dan akan mengakhirinya, Anda harus menutup account e-mail. Menutup account e-mail biasa disebut dengan logout.
|
1. Carilah tombol atau teks link logout di halaman web.
2. Klik tombol atau teks link tersebut.
3. Tunggu sampai halaman web menampilkan proses telah selesai.
2.2.3 Menulis dan Mengirim E-mail
Menulis untuk e-mail dapat dilakukan melalui dua cara yaitu langsung dan tidak langsung. Cara langsung dilakukan melalui penulisan teks pada ruang editor yang disediakan oleh sistem e-mail. Cara tidak langsung, Anda dapat menulis teks pada editor yang lain misalnya Word, Notepade, atau program pengolah kata yang lain. Kemudian Anda copy-kan teks yang tersebut kedalam editor yang disediakan sistem e-mail.
Berikut ini langkah-langkah untuk menulis dan mengirimkan e-mail :
1. Lakukan login ke account e-mail.
2. Masukkanlah user id dan password dan klik login.
3. Isilah alamat e-mail penerima dan subjek dari e-mail yang akan Anda kirim.
4. Ketiklah isi e-mail.
5. Setelah selesai menulis isi e-mail, kliklah tombol kirim.
Bila pengiriman e-mail sukses, akan ditampilkan halaman web yang menyampaikan pesan bahwa e-mail Anda sudah dikirim. E-mail Anda akan dikirim ke alamat e-mail sesuai dengan alamat e-mail yang Anda masukkan.
2.2.4 Membuka E-mail
Apabila Anda mendapat kiriman e-mail, akan tersimpan di kotak surat (Inbox). Anda dapat memperhatikan bahwa e-mail yang ada memiliki tanda yang berbeda yang menyatakan apakah e-mail tersebut sudah dibaca atau belum, apakah e-mail tersebut disertai file attachment atau tidak dan sebagainya.
|
Berikut ini langkah-langkah untuk membuka e-mail :
1. Lakukan login ke account e-mail Anda.
2. Masukkanlah user id dan password dan klik login.
3. Klik kotak surat.
4. Klik teks link kotak surat.
5. Untuk membaca surat, klik dua kali nama pengirim e-mail tersebut. Isi surat akan ditampilkan.
6. Setelah Anda membaca e-mail yang Anda pilih. Anda dapat membaca surat dengan cara mengklik teks link. Demikian seterusnya atau kembali melihat daftar surat yang masuk dengan cara mengklik tombol back di tool bar atau mengklik teks link kotak surat.
2.2.5 Menjawab E-mail (Reply)
Bagaimana jika Anda akan menjawab atau memberi balasan e-mail yang masuk?
|
Berikut ini langkah-langkah menjawab e-mail sebagai berikut :
(1) Setelah membaca e-mail, klik link Reply.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(2) Pada kotak teks To, nama dan alamat e-mail ke mana Anda akan membalas e-mail langsung diisikan.
(3) Ketiklah isi surat yang menjadi jawaban Anda .
(4) Klik tombol kirim.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
Dengan fasilitas Reply Anda dapat menyertakan kembali isi e-mail yang dikirim kepada Anda. E-mail yang dia tulis disertakan di bawah jawaban yang Anda buat. Dengan membaca e-mail yang dia kirimkan akan memudahkan dia membuka pikirannya akan jawaban yang Anda berikan. Untuk Anda sebagai pemberi jawaban, Reply e-mail juga memudahkan Anda untuk mengecek jika ada pesan atau informasi yang belum Anda jawab.
2.2.6 Meneruskan E-mail (Forward)
Bagaimana jika e-mail yang Anda terima akan Anda kirimkan ke alamat yang lain? Dalam hal ini Anda dapat meneruskan e-mail yang Anda terima kepada alamat yang lain.
|
Berikut ini langkah-langkah meneruskan e-mail.
(1) Buka dan bacalah e-mail.
(2) Klik teks link Forward.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(3) Masukkanlah alamat e-mail yang ingin Anda tuju.
(4) Ketiklah isi surat jika Anda ingin menambahkan e-mail dengan kata-kata Anda sendiri.
(5) Klik tombol kirim.
(6) Jika proses pengiriman berjalan lancar, halaman web yang menyatakan pengiriman telah selesai dilakukan.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
2.2.7 Menggunakan E-mail untuk Mengirimkan File
Bagaimana mengirim file dengan e-mail? Lewat e-mail Anda dapat mengirim file seperti halnya surat biasa yang dilengkapi dengan lampiran. Pengantar file dapat disampaikan langsung melalui editor e-mail dan file merupakan lampiran. File dapat berupa gambar (.jpg,.gif), dokumen (.doc), Excel (.xls), kompresi (.zip) atau file program (.exe). File yang Anda sertakan dalam e-mail tergantung ukurannya, jika ukurannya kecildapat disertakan lebih dari satu. Namun, total ukuran file -file tersebut tidak oleh melebihi dari 1 MB (misalnya).
Langkah-langkah untuk mengirimkan file melalui e-mail adalah sebagai berikut.
(1) Klik teks link kemudian tulis surat.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(2) Isikan alamat e-mail penerima dan subjek e-mail.
(3) Ketik isi e-mail.
(4) Di bawah isi surat, cari dan klik tombol browse.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(5) Cari dan kemudian pilih file yang ingin disertakan di e-mail, misalkannya file gambar (.jpg).
(6) Klik tombol open.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(7) Di bagian bawah, Anda dapat melihat path dan nama file yang disertakan dalam e-mail tersebut. Jika masih ada file yang ingin diikutkan, klik tombol browse yang ke dua.
(8) Klik tombol kirim untuk mengirimkan e-mail bersama dengan file attachment nya.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
2.2.8 Menyimpan File Attachment
File yang disertakan dalam e-mail dapat berbentuk file attachment. E-mail dengan file attachment diberikan tanda khusus di kolom status di kotak surat. Bagaimana membuka file attachment?
|
Berikut ini langkah-langkah membuka file attachment.
(1) Bukalah e-mail yang memuat file attachment.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(2) Perhatikan di bawah teks isi e-mail, Anda dapat melihat nama file yang disertakan dalam e-mail tersebut.
(3) Klik kanan di nama file attachment.
(4) Klik Save As Target.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(5) Tentukan folder di mana Anda menyimpan file tersebut. Nama file attachment akan diberikan sesuai dengan nama file aslinya. Anda dapat mengganti nama file tersebut jika Anda menghendaki.
(6) Klik tombol save.
(7) Tunggu proses penyimpanan file sampai tuntas.
(8) Klik tombol open untuk membuka file tersebut, klik tombol open folder untuk membuka folder di mana file tersebut disimpan atau klik close untuk menutup kotak dialog download complete.
(9) Jika file yang disertakan lebih dari satu, lakukan hal yang sama untuk file yang lain.
2.2.9 Menghapus E-mail
Apabila Anda banyak menerima kiriman e-mail, suatu ketika kotak surat Anda akan penuh. Untuk mengosongkannya Anda dapat menghapus e-mail yang sudah tidak Anda perlukan lagi. Bagaimana menghapus e-mail? Setelah Anda membaca e-mail tersebut (pada saat e-mail dibuka), Anda dapat melakukan dengan cara meng klik teks link Hapus. Apabila Anda akan menghapus e-mail dari kotak surat, beri cek list di kotak cek e-mail yang bersangkutan, kemudian klik tombol delete. Jika Anda ingin menghapus seluruh e-mail, berilah cek list dengan select all kemudian klik tombol delete. Semua e-mail yang tertandai akan dihapus sekaligus.
2.2.10 Etika Mengirim E-mail
E-mail telah mengubah banyak kebiasaan Anda dalam berkomunikasi. Komunikasi surat-menyurat antar rekan kerja atau bisnis, teman dan keluarga sudah banyak digantikan oleh e-mail. Hal ini membuktikan e-mail merupakan alat komunikasi yang banyak digunakan saat ini. Sebagai alat komunikasi, menggunakan e-mail juga mempunyai etika-etika yang hendaknya Anda patuhi agar komunikasi yang Anda lakukan berjalan dengan baik. Komunikasi yang tidak disertai dengan etika, akan menmyebabkan tujuan komunikasi tidak sampai. Bentuk komunikasi lewat e-mail berbeda dengan bentuk komunikasi biasa yang Anda kenal selama ini. Karena itu, sebagaimana bentuk komunikasi biasa yang mempunyai etika sendiri-sendiri, berkomunikasi dengan e-mail juga mempunyai etika tersendiri.
Beberapa etika bere-mail yang perlu Anda terapkan adalah sebagai berikut.
1) Langsung ke pokok permasalahan
Membaca e-mail yang terlalu panjang dari yang semetinya dapat membuat orang lain menjadi bosan. Oleh karena itu, usahakan agar e-mail yang Anda tulis tepat pada sasaran, sehingga tidak perlu terlalu panjang.
2) Jawablah semua pertanyaan
Jika Anda membalas atau me-reply e-mail usahakan agar semua informasi yang ditanyakan orang lain Anda jawab. Apabila Anda tidak mengetahui jawab tidak karena mungkin saja pertanyaan yang sama akan ditanyakan lagi apabila tidak dijawab. Hal ini tentu saja mengganggu Anda.
3) Lakukan Pengeditan
Sebelum mengirim e-mail, ada baiknya Anda mengedit kembali tulisan e-mail Anda. Kata-kata yang tidak tepat atau kesalahan penulisan yang Anda biarkan akan memberi kesan yang tidak baik bagi penerima e-mail.
Bila Anda mem-forward sebagian atau seluruh pesan pada pihak lain, kadang-kadang akan muncul tanda “>” atau”>>” di setiap baris isi e-mail yang akan Anda forward. Anda sebaiknya menghapus tanda “>” atau”>>” tersebut dengan demikian penerima e-mail yang Anda forward dapat membaca isi e-mail Anda tanpa teganggu dengan tanda-tanda di atas.
Mem-forward e-mail tanpa menghilangkan tanda “>” atau “>>” dapat menimbulkan kesan Anda tidak peduli apakah pesan yang terdapat di e-mail yang Anda forward diterima dengan baik atau tidak. Namun, pada sebagian website e-mail, tanda “>” tidak akan ditampilakan apabila Anda mem-forward e-mail.
4) Gunakan subjek yang sesuai
Selalu gunakan subjek atau judul yang sesuai. Subjek atau judul yang sesuai akan memudahkan penerima e-mail Anda menangkap informasi yang ingin Anda sampaikan karena judul e-mail akan langsung membuka pikiran penerima akan topik yang Anda bahas. Jika Anda saling bertukar e-mail beberapa kali, topik pembicaraan berubah dari sebelumnya, jangan lupa mengubah subjek e-mail.
5) Hapus pesan reply yang tidak perlu
Me-reply e-mail tanpa menghapus isi e-mail terdahulu kadang-kadang membantu penerima e-mail untuk mengingat apa yang sudah kirimkan kepada Anda . Hal ini akan membantu penerima e-mail untuk mengakap pesan balasan dari Anda . Namun, seringkali setelah berbalas e-mail beberapa kali, topik Anda sudah berubah dan tidak berhubungan lagi dengan sebelumnya. Jika hal ini terjadi, ada baiknya Anda enghapus pesan-pesan sebelumnya.
6) Jangan meneruskan e-mail berantai
Kadang-kadang Anda menerima e-mail yang berupa cerita-cerita humor atau hal-hal lain dan kemudian meminta Anda untuk meneruskan e-mail tersebut kepada sejumlah orang, bila tidak maka Anda akan mendapat suatu ancanaman. Hal seperti ini cukup mengesalkan, sebaiknya Anda tidak usah mengirimkan kepada orang lain atau teman-teman Anda, karena jika Anda kesal menerima e-mail semacam ini, orang lain juga akan merasakan seperti itu.
7) Hormati privacy (kerahasiaan) orang lain
Bila Anda sedang mengirim e-mail ke sejumlah orang yang mungkin satu-sama lain tidak saling mengenal, gunakan “bcc” atau “blind carbon copy” agar alamat-alamat mereka tidak saling diketahui. Sebagian orang tidak suka kalau alamat e-mailnya diberikan sekalipun tanpa sengaja. Selain itu, alamat e-mail sering digunakan orang yang tidak bertanggung jawab dengan cara mengirimkan “spam” ke alamat e-mail tersebut.
8) Jangan melakukan SPAM
Mungkin saja Anda tidak sengaja menggunakan alamat-alamat e-mail yang didapat dari “ “forwarded e-mail”, kemudian menggunakannya tanpa permisi, ini termasuk bentuk spam, dan jangan lakukan.
9) Gunakan huruf besar seperlunya
Dalam menulis e-mail, Anda tidak boleh menggunakan huruf besar semua. Menulis dengan mengaktifkan huruf besar (tombol “Caps Lock”) dapat diartikan sebagai pertanda kemarahan atau Anda sedang berteriak-teriak. Oleh karena itu, gunakan huruf besar seperlunya seperti layaknya kalau Anda menulis surat biasa.
10) Hati-hati bila menggunakan singkatan dan emoticon
Anda perlu berhati-hati menggunakan singkatan-singkatan dan emoticon (simbol emosi), karena belum tentu penerima mengerti apa yang Anda maksud. Lebih-lebih jika Anda mengirimkan e-mail untuk urusan resmi. Kesalahan pengertian dari penerima e-mail akan merugikan Anda sendiri.
11) Jangan terbawa emosi
Jika Anda memerima e-mail yang kurang menyenangkan, jangan dibalas saat itu juga. Anda perlu memikirkan apa sebenarnya yang dimaksud pengirim. Menunggu beberapa waktu sebelum membalasnya juga akan membuat emosi Anda yang sudah naik turun kembali. Dengan demikian Anda dapat berpikir dan bertindak dengan kepala dingin. Kadang-kadang sebenarnya orang lain juga tidak bermaksud menyinggung perasaan Anda. Mungkin saja yang terjadi hanya kesalahpahaman. Banyak persahabatan yang hancur gara-gara menanggapi sesuatu tanpa berusaha memikirkannya dengan bijaksana.
12) Bersabarlah dalam menunggu balasan e-mail
Anda harus bersabar bila e-mail yang Anda kirim belum dibalas. Orang lain mungkin mempunyai kesibukan tersendiri dan belum sempat membalas e-mail Anda . Banyak orang hanya mengecek e-mailnya sekali seminggu, bahkan lebih lama dari itu.
13) Ketertarikan yang berbeda
Jangan terus-menerus mengirimkan sesuatu pada mereka yang tidak pernha membalasnya, meskipun dengan ucapan terima kasih. Setiap orang mempunyai ketertarikan akan sesuatu hal yang berbeda-beda. Topik yang Anda anggap menarik belum tentu menarik bagi orang lain. Cerita-cerita yang Anda anggap lucu bisa saja menjadi cerita bodoh bagi orang lain. Anda sebaiknya menanyakan apakah dia senang dengan emal yang Anda kirim.
14) Jangan lampirkan file yang tidak perlu
Anda sebaiknya tidak melampirkan file yang tidak perlu dalam e-mail Anda . Hal ini sering terjadi secara tidak sengaja. Sering Anda lupa menghapus file attachment pada saat mem-forward atau mereply e-mail. File -file tersebut akan membuat pengelola kotak surat penerima e-mail kesal. Apalagi jika file tersebut berukuran besar.
15) Buatlah layout yang baik
Membaca e-mail kadang tidak nyamankarena harus membaca sesuatu di depan komputer. Apalagi Anda sudah bekerja di depan komputer seharian. Oleh karena itu, jika Anda mengirim e-mail, sebaiknya Anda membuat layout yang baik sehingga penerima e-mail dapat membacanya dengan lebih mudah. Usahakan jangan menggunakan kalimat yang panjang, dan untuk memudahkan pembaca, dapat menambahkan baris kosong di setiap paragraf.
2.3 Mengelola Kartu Elektronik
2.3.1 Mengirimkan Kartu Elektronik
Selain mengirimkan e-mail, Anda juga dapat mengirimkan kartu elektronik melalui internet. Dengan menggunakan kartu elektronik, Anda dapat mengucapkan salam atau selamat kepada orang lain (misalnya ulang tahun).
Agar dapat mengirimkan kartu elektronik, Anda harus mengetahui alamat e-mail orang yang akan dikirim. Hal ini disebabkan kartu elektronik akan dikirim ke alamat e-mail. Ada banyak website yang menyediakan fasilitas untuk mengirim kartu elektronik, baik website yang berbahasa Inggris maupun berbahasa Indonesia.
Plasa.com juga dilengkapi dengan fasilitas untuk mengirimkan kartu elektronik. Namun jika Anda ingin mengirimkan kartu elektronik melalui plasa.com Anda harus memiliki alamat e-mail. Jika Anda sudah memiliki alamat e-mail di plasa.com, Anda tidak perlu mendaftar lagi. Jika Anda memiliki e-mail selain di plasa.com maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Pada saat mengirim kartu elektronik di plasa.com Anda harus login terlebih dahulu.
|
Langkah-langkah untuk mengirimkan kartu elektronik adalah sebagai berikut.
(1) Tampilkanlah website plasa.com di jendela browser.
(2) Cari dan klik teks link e-kartu di halaman web.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(3) Masukanlah user id dan password, kemudian klik tombol login.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(4) Pilihlah kategori kartu yang ingin Anda gunakan. Hari-hari khusus bisnis, Hari istimewa dan sebagainya. Misalkan Anda memilih ulang tahun yang terdapat dikategori hari istimewa.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(5) Dihalaman web akan ditampilkan berbagai kartu sesuai dengan kategori yang Anda pilih. Pilihlah kartu yang menurut Anda menarik.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(6) Gerakkan scroll bar vertical untuk melihat bagian bawah.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(7) Isilah data-data kartu elektronik yang akan di kirim, lengkapi dengan musik pengiring. Musik pengiring yang digunakan dapat dipilih dari daftar yang ada
(8) Untuk memperindah tampilan kartu, dapat menambahkan emoticon pada kartu. Caranya adalah dengan mengklik icon emoticon disamping kotak teks.
Jendela browser untuk emoticon akan ditampilkan
(9) Pilihlah emoticon yang ingin Anda tambahkan dengan cara mengkilknya.
(10) Kembali ke halaman web.
(11) Bila tidak ada lagi data-data dan emoticon yang ingin kita tambahkan, klik tombol kirim di halaman web.
Halaman web yang menampilkan kartu hasil pengaturan yang Anda buat akan ditampilkan.
(12) Jika tampilan kartu yang diinginkan belum sesuai dengan keinginan, dapat diatur kembali dengan cara mengklik tombol back, dan jika ingin mengirimkan kartu klik tombol kirim kartu.
Kartu yang Anda buat akan di kirim, tunggu sampai proses pengiriman selesai dan halaman web yang menyatakan pengiriman kartu sudah selesai di tampilkan.
2.3.2 Membuka Kartu Elektronik
Kartu elektronik dikirimkan ke e-mail penerima .Jika Anda menerima kartu elektronik, Anda akan tahu dari e-mail yang masuk kekotak surat e-mail Anda. Di kotak surat akan terdapat e-mail yang memberitahu bahwa Anda mendapatkan kartu elektronik.
|
Untuk membuka kartu elektronik Anda dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut.
(1) Masuk ke kotak surat.
(2) Di kotak surat, Anda akan mendapati e-mail yang memberi tahu Anda mendapatkan kartu elektronik.
(3) Buka e-mail tersebut.
Isi dari e-mail akan ditampilkan dari e-mail Anda akan menemukan alamat URL dari kartu elektronik yang dikirim kepada Anda.
(4) Klik alamat URL tersebut.
Kartu yang dikirim kepada Anda akan ditampilkan.
Bila kartu elektronik dilengkapi dengan musik atau pengiring, musik tersebut akan terdengar pada saat kartu ditampilkan, jika komputer dilengkapi dengan speaker atau perangkat suara lainnya.
2.4 Mengelola Mailing list
2.4.1 Pengertian Mailing List
Mailing list disebut juga milis adalah kumpilan dari e-mail yang membentuk sebuah kelompok .Milis mempunyai alamat sendiri yang disebut dengan alamat milis . Setiap e-mail yang dikirim kealamat milis tersebut akan dikirimkan ke alamat-alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota. Milis banyak dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi antar anggota kelompok. Kelompok tersebut dapat berupa kumpulan orang yang seprofesi, punya hobi atau minat yang sama, anggota organisasi, teman-teman sekelas dan sebagainya. Milis bisa menjadi tempat untuk berdikusi berbagai cerita dan bagi orang-orang yang tergabung dalam kelompok tersebut.
Milis merupakan bentuk lain dari e-mail. Oleh karena itu sifat-sifat milis sama dengan e-mail. Bedanya alamat milis dapat dikatakan merupakan kumpulan dari alamat-alamat e-mail. Di internet ada banyak e-mail yang menyediakan jasa layanan milis , di antaranya plasagroups , yahoogroups, dan masih bayak lagi.
2.4.2 Membuat Mailing List
Anda dapat membuat milis sendiri di website penyedia jasa layanan milis . Milis tersebut dapat Anda manfaatkan untuk sarana komunikasi antar teman sekelas. Anda dapat berdiskusi, ngerumpi, dan berbagai informasi di milis . Sehingga pada saat Anda lulus mempunyai sarana untuk tetap menjaga hubungan dengan teman-teman sekelas walaupun saling berjauhan .
|
Langkah-langkah untuk membuat milis di plasa groups sebagai berikut.
(1) Tampilkan plasa.com pada browser internet explorer.
(2) Pada bagian atas plasa.com, klik teks link milis .
Halaman web untuk memulai membuat milis akan ditampilkan. Halaman web tersebut juga dapat ditampilkan dengan mengetik http://groups.plasa.com pada address bar internet explorer.
(3) Masukkan user id dan password.
(4) Klik login.
Halaman web untuk langkah selanjutnya akan di tampilkan.
(5) Pada halaman web yang ditampilkan Anda akan melihat berbagai kategori milis yang harus dipilih.
(6) Pilihlah kategori milis yang akan Anda buat.
Pada halaman web yang muncul pilihlah sub kategori yang Anda buat.
(7) Klik teks link milis dalam kategori ini halaman web untuk mengisi data-data milis akan ditampilkan.
(8) Isikan data-data milis kemudian klik tombol buatkan milis .
Halaman web untuk mengkonfirmasikan data-data yang sudah Anda isikan akan ditampilkan.
(9) Perhatikan kembali data-data yang sudah Anda isikan. Anda dapat mengklik tombol ulangi untuk mengaturnya kembali jikas pengaturan yang Anda buatkan sudah selesai klik tombol buatkan milis .
Tunggu sampai halaman web yang menyatakan pembuatan milis sudah selesai ditampilkan.
Bila halaman web yang menyatakan pembuatan milis kitya telah selesai di tampilkan, ini berarti milis Anda sudah dapat digunakan namun milis Anda masih beranggotakan Anda sendiri. Untuk menambahkan anggota Anda dapat mengundang orang lain melaui e-mail atau dengan cara orang lain mendaftar ke milis Anda. Di halaman web yang Anda tampilkan Anda dapat melihat alamat dari milis yang Anda buat. Alamat milis untuk mendaftar dan lamat milis untuk keluar. Jika Anda ingin orang lain menjadi anggota milis , Anda dapat meminta dia untuk mengirimkan e-mail ke alamat pendaftaran milis Anda.
Di plasagroups alamat untuk mendaftar ke alamat milis adalah alamat milis tersebut ditambah dengan tanda minus dan diikuti kata daftar , sedangkan alamat milis untuk keluar dari milis asdalah alamat milis ditambah tanda minus dan diikuti kata keluar. Misalnya alamat milis Anda adalah 3bciptakaryabdg@plasagroups.com, alamat untuk mendaftar menjadi anggota milis akan menjadi 3bciptakaryabdgdaftar@plasagroups.com dan alamat berhenti untuk menjadi anggota milis adalah 3bciptakaryabdg-keluar@plasagroup.com untuk milis yang menggunakan bahasa inggris kata daftar biasanya diganti dengan kata subscribe dan kata keluar biasanya diganti dengan kata unsubcribe.
Kadang-kadang pembuatan milis gagal dilakukan hal ini dapat sdisebabhkan oleh karena nama milis yang Anda buat sudah ada atau juga karena timbulnya error di server plasagroups. Hal ini dapat juga disebabkan oleh koneksi komputer Anda ke internet mengalami gangguan. Jika pembuatan milis gagal dilakukan, akan ditampilkan halaman web yang memberitahu hal tersebut kepada Anda. Jika hal ini terjadi Anda da[pat mencobanya lagi.
2.4.3 Mengirimkan e-mail ke milis
Mengirim e-mail ke milis pada dasarnya sama dengan mengirimkan e-mail yang Anda lakukan . Kepada sebuah, alamt e-mail .Perbedaannya alamat e-mail yang Anda kirim ke alamat milis akan dikirim ke banyak orang oanggota milis, e-mail yang Anda kirim ke alamat milis akan dikirimkan kepada Anda juga.
1) Pertimbangan menjadi anggota milis
Jika Anda ikut dalam sebuah milis maka milis tersebut dapat memberikan keuntungan kepada Anda. Anda dapat menerima informasi dari orang lain melakukan diskusi yang dapat menambah wawasan Anda maupun tetap menjaga hubungan dengan teman-teman lama Anda (misalnya teman kuliah, teman sekolah dan sebagainya). Namun demikian milis juga dapat menyusahkan Anda. E-mail yang masuk dalam jumlah banyak seringkali sangat mengganggu dan membuat kotak surat Anda cepat penuh, apalagi jika Anda tidak mempunyai waktu untuk membaca satu persatu e-mail tersebut.
Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk ikut sebuah milis, ada beberapa hal yang Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebagai berikut.
a. Tujuan milis
Anda harus mengetahui tujuan dari milis tersebut dengan jelas . Dengan demikiasn Anda mengetahui apakah milis tersebut dapat bermanfaat atau tidak bagi Anda. Jika Anda menganggap hal tersebut bermanfaat maka Silakan bergabung jika mtida , lebih baik jangan bergabung.
b. Seberapa banyak e-mail yang masuk
Anda juga perlu tahu seberapa banyak e-mail masuk kemilis tersebut .E-mail ke milis yang terlalu banyak akan merepotkan Anda .Apalagi jika tidak semua e-mail penting .Kotak surat Anda bias jadi cepat penuhm .Apalagi jika Anda tidak rajin membuka e-mail dan tidak punya waktu untuk menghapusnya.
c. Waktu yang Anda miliki membuka e-mail
Anda juga harus mempertimbangkan waktu yang Anda miliki untuk membuka e-mail . Jika Anda tidak punya waktu yang cukup untuk membaca e-mail yang masuk melalui milis hanya akan merepotkan Anda saja. Tentu saja e-mail tersebut tidak berguna bagi Anda jika tidak sempat untuk membacanya.
2) Mendaftar menjadi anggota milis
Setelah Anda membuat milis, orang lain dapat mendaftar menjadi anggota milis tersebut. Selain milis yang sudah Anda buat, Anda dapat menemukan milis yang terdapat di internet dan dapat mendaftar menjadi anggotanya.
Berikut ini contoh bagaimana mendaftar menjadi anggota sebuah milis. Dalam hal ini mendaftar menjadi anggota milis yang sudah Anda buat.
(1) Masuklah ke login alamat e-mail Anda.
(2) Klik teks link tulis surat.
(3) Masukkan alamat e-mail untuk mendaftar ke milis tersebut ke kotak teks to subjek beserta isi surat kosongkan saja.
(4) Klik tombol kirim.
Setelah pesan terkirim maka Anda akan menerima sebuah e-mail untuk konfirmasi pendaftaran milis yang Anda lakukan.
(5) Bukalah e-mail tersebut.
Isi e-mail akan ditampilkan.
(6) Anda akan diminta untuk membuka link yang terdapat diisi surat untuk mengkonfirmasikan pendaftaran Anda.
(7) Klik link tersebut.
Sebuah jendela internet explorer baru akan dibuka dan menampilkan halaman web yang memberitahukan pendaftaran Anda sebagai anggota milis telah selesai.
(8) Anda juga akan menerika sebuah e-mail yang menyatakan proses pendaftaran.
Anda menjadi anggota milis telah selesai.
Setelah selesai mendaftar sebagai anggota milis, maka sekarang Anda akan mulai menerima e-mail dari milis teresebut.
Di plasagroups, Anda dapat juga mencari dan menemukan banyak milis. Jika Anda tertarik dan ingin bergabung dengan sebuah milis, dapat mendaftar menjadi anggota milis tersebut.
3) Berhenti dari anggota milis
Setelah beberapa waktu, mungkin ada Anda merasa bahwa milis yang diikuti sudah tidak memberikan manfaat bagi Anda dan ingin mengakhiri menjadi anggota. Ada beberapa pertimbangan atau keadaan yang membuat Anda sebaiknya berhenti menjadi anggota milis di antaranya:
(1) Bila Anda harus pergi keluar kota untuk jangka waktu yang lama dan tidak dapat membuka e-mail. Jika tidak maka kotak surat Anda akan dipenuhi dengan e-mail dari milis. Akibatnya jika ada e-mail penting menjadi terhalang dan tidak dapat Anda terima.
(2) Jika Anda merasa tujuan dari milis tersebut melenceng atau Anda tidak mendapatakan apa yang Anda harapkan.
(3) Jika Anda tidak punya waktu untuk membaca e-mail-e-mail yang masuik .
Akibatnya e-mail dari milis yang Anda terima menjadi tidak berguna. Bila Anda ingin berhenti dari milis, dapat mengirim e-mail untuk berhenti menjadi anggota milis.
|
Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut :
(1) Masuk ke kotak surat e-mail.
(2) Klik teks link tulis surat untuk membuat sebuah e-mail.
(3) Di kotak teks To isikanlah alamat untuk berhenti menjadi anggota dari milis yang Anda ikuti.
(4) Kosongkan subjek dan isi surat.
(5) Klik tombol kirim.
Anda akan menerima e-mail yang memberitahukan bahwa Anda sudah keluar dari milis.
4) Chatting
Internet merupakan sarana komunikasi yang murah, dilengkapi berbagai aplikasi sebagai sarana komunikasi. Sarana komunikasi lain yang ada di internet yang disebut dengan IRC atau Internet Relay Chat.
a. Pengertian IRC
Internet Relay Chat (IRC) merupakan aplikasi internet yang memungkinkan Anda berkomunikasi secara real time. Real time artinya seketika atau saat itu juga pesan disampaikan, akan diterima, dan dibahas pada saat itu juga. Berbeda dengan e-mail, komunikasi dengan IRC bisa terjadi apabila Anda dan lawan komunikasi sama-sama terhubung ke internet pada waktu yang sama. IRC memungkinkan Anda bercakap-cakap dengan orang lain menggunakan tulisan.
Berkomunikasi menggunakan IRC disebut chatting, sedangkan orang yang melakukannya disebut chatter. Chatting menjadi kegiatan yang mengasikkan karena dapat berkomunikasi secara real time dengan biaya yang murah. Anda dapat berkomunikasi dengan orang dari belahan dunia dan dari berbagai latar belakang. Chatting dapat juga Anda manfaatkan jika Anda mempunyai teman atau keluarga yang berada di tempat jauh.
Untuk chatting, Anda harus konek ke internet di tambah dengan program chatting. Beberapa program chatting antara lain mIRC, Pirch, dan Virc. Program chatting dapat juga digantikan dengan website yang menyediakan fasilitas chatting seperti bandungchat (www.bandungchat.com), boleh.com (www.boleh.com) dan sebagainya.
b. Simbol dan Singkatan dalam Chatting
Ada banyak singkatan atau istilah yang digunakan dalam chatting. Singkatan atau istilah tersebut bisa dinyatakan sebagai bahasa chatting. Agar komunikasi berjalan lancar pada saat chatting, Anda perlu mengerti arti bahasa chatting tersebut. Beberapa bahasa chatting yang sering digunakan dapat Anda lihat di Tabel 2.1.
Tabel 2.1 : Beberapa bahasa chatting
| Singkatan | Arti |
| Wb | Welcome back (selamat datang kembali) |
| Asap | As soon as possible (sesegera mungkin) |
| Imo | In my opinion (menurit pendapat saya) |
| Jk | Just Kidding (hanya bercanda) |
| Brb | Be right back (segera kembali) |
| Cul | See you later (sampai jumpa lagi) |
| cu | See you (sampai jumpa) |
| oic | Oh I see (ya saya mengerti) |
| Thx/thax | Thanks (terima kasih) |
| btw | By the way (ngomong-ngomong) |
| gtg | Go to go (saya harus pergi) |
| Asl | Age/sex/location (umur/jenis kelamin/lokasi) |
| 24/m(f)/bdg | 24 tahun/laki-laki (perempuan)/bandung |
| pls | Please (tolong/silakan) |
| pv | Private (pribadi) |
| japri | Jalur pribadi |
| u | You (anda ) |
| ul | You first (anda duluan ) |
| Nu | And you (dan anda ) |
| gpp | Nggak apa-apa |
| 2 | To |
| b | Be |
| kul | Kuliah |
| ker | Kerja |
| kul or ker? | Kuliah atau kerja? |
| co | Cowok |
| ce | Cewek |
| np, nop | No problem (nggak masalah) |
| b4 | Before = sebelumnya |
| dc | Disconnected = proses chatting terputus |
| rc | Hi again = halo lagi |
| hi 2 | Hi too = halo juga |
Dalam chatting, Anda berkomunikasi dengan orang lain dengan menggunakan teks yang Anda ketik. Anda tidak dapat melihat ekspresi wajah lawan bicara, demikian juga sebaliknya, sehingga Anda tidak tahu emosi lawan bicara Anda. Oleh karena itu, untuk menunjukkan emosi Anda kepada lawan bicara Anda , Anda dapat menggunakan simbol-simbol. Simbol-simbol emosi (sering disebut emotion) yang umum digunakan dalam chatting dapat Anda lihat di Tabel 2.2.
Tabel 2.2 : Simbol Emosi dalam Chatting
| Simbol | Arti |
| :-) | Smile,happy, fun |
| :-) | Very glad, sangat senang |
| :-} | Tersenyum lebar |
| J | Tersenyum |
| :) | Senang, Tersenyum |
| :( | Cemberut |
| :-D | Laugh, tertawa terbahak-bahak |
| :-o | Spellbound, terpesona |
| :-* | Kiss |
| ;-) | Main mata |
| :P | Aku menganggap anda seorang teman |
| >:- | Kind-hearted, baik hati |
| () | Peluk |
| =:o | Be afraid, terkejut |
| :-! | Hmmmm |
| :-\ | Be wary, uncertain, ragu-ragu |
| :-P | Ridicule, stuck out tongue, mengejek, menjulurkan lidah |
| :-( | Sad, sedih |
| :’-( | Cry, menangis |
| :-!! | Angry, marah |
| >>:-<< | Marah besar |
| >-< | Naik darah |
| (:-& | Marah |
| :* | Cium dong |
| :! | Bosan dan sedih |
| :( ) | Mulut besar, Berteriak |
| :@ | Apa |
| %-( | III, sick |
| %-) | Bingung |
| %-6 | Bego |
| %-6 | Mati Kutu |
| : ~ ~p | Ngiler |
| %*@:-C | Computer hang |
| : - | Cowok |
| > - | Cewek |
Apabila Anda masih baru dalam dunia chatting, akan sulit bagi Anda menghafal semua bahasa dan simbol-simbol di atas. Bila Anda menemukan bahasa atau simbol chatting yang Anda tidak mengerti, jangan malu untuk bertanya. Anda dapat bertanya dengan cara mengulangi bahasa atau simbol chatting yang dikirimkan. Misal, jika Anda menerima simbol “:-ll” dan Anda tidak mengerti. Anda dapat bertanya dengan mengetik “:-l?”. Teman chatting Anda akan menerangkannya. Semakin sering Anda chatting, semakin banyak bahasa dan simbol-simbol yang Anda kenal.
5) Etika Chatting
Chatting adalah berkomunikasi dengan orang lain, seperti sehari-hari. Chatting mempunyai etika yang harus dijaga. Beberapa etika chatting yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut.
(1) Gunakan bahasa yang sopan.
Kata-kata yang kasar dan kurang sopan dapat menyebabkan Anda dikeluarkan dari channel oleh operator channel.
(2) Jangan menggunakan huruf besar.
Penggunaan huruf besar akan diartikan oleh sedang berteriak-teriak.
(3) Jangan melakukan spam atau mengirimkan informasi/iklan yang tidak penting secara beruntun karena orang akan merasa terganggu.
(4) Jangan menggunakan warna yang mencolok.
(5) Jika orang lain mengajak berbicara tentang topik yang Anda tidak suka (seks, politik dan sebagainya), tolak dengan tegas namun halus.
(6) Hindari pertengkaran atau perdebatan yang sengit.
Anda chatting untuk mencari teman dan menyenagkan diri, bukan mencari lawan dan untuk membuat stress. Jika Anda mendapatkan kata-kata kasar atau tidak senonoh, sebaiknya Anda tidak usah melayaninya lagi dengan kata-kata yang sama.
6) Manfaat Chatting
Chatting membuat komunikasi Anda berjalan lancar, bersifat real time, dan biaya murah. Ada beberapa manfaat chatting yang dapat Anda peroleh, antara lain:
a. Sarana murah dan mudah
Chatting dapat Anda manfaatkan sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan biaya murah. Misalnya, Anda ingin berbicara dengan teman, saudara atau orang tua yang tinggal di luar negeri atau di luar daerah lain. Chatting merupakan pilihan komunikasi yang mudah dan murah.
b. Konsultasi dengan dokter
Beberapa website menyediakan jasa konsultasi kesehatan dengan dokter, dan Anda dapat memanfaatkan layanan tersebut.
c. Berhubungan dengan para pakar
Beberapa website menyediakan jasa konsultasi dengan pakar, dan Anda dapat berkomunikasi melalui chatting dengan pakar tersebut.
d. Mengetahui isi buku
e. Mendapatkan teman baru
Anda dapat menemukan teman baru dari seluruh dunia melalui chatting. Teman dari belahan dunia yang berbeda dapat memberikan informasi yang berbeda kepada Anda.
f. Sarana belajar dan diskusi
Website belajar jarak jauh umumnya menyediakan fasilitas chatting untuk belajar dan berdiskusi dengan dosen maupun sesama teman sekelas.
7) Mengelola mIRC
Program chatting yang paling terkenal di Indonesia saat ini adalah mIRC. Hampir semua warnet di Indonesia menggunakan program chatting tersebut sebagai program chatting mereka. Karena itu, pada sub materi ini, Anda akan membahas chatting dengan menggunakan mIRC.
a. Mendownload mIRC
Bila Anda ingin chatting dengan mIRC, Anda harus meng-install program tersebut di komputer Anda. Program mIRC dapat di-download dari website mIRC (www.mirc.com) secara gratis.
Langkah-langkah untuk men-download program mIRC adalah sebagai berikut.
(1) Jalankan browser .
(3) Carilah teks link untuk men-download program mIRC, kemudian download program tersebut.
Di website mIRC, selain mendownload program mIRC, juga dapat mencari informasi seputar chatting dengan mIRC.
b. Menginstall mIRC
Setelah men-download program mIRC, maka selanjutnya meng-install program tersebut.
|
Langkah-langkah untuk menginstall mIRC adalah sebagai berikut.
(1) Carilah file install mIRC yang sudah Anda download.
(2) Klik dua kali di file tersebut.
Kotak dialog installasi akan ditampilkan.
(3) Klik tombol Next.
Langkah selanjutnya akan ditampilkan.
(4) Di kotak dialog persetujuan, Klik tombol Yes.
Langkah selanjutnya akan ditampilkan.
(5) Pada langkah selanjutnya Anda diminta menemukan folder dimana program mIRC akan di-install. Secara default, mIRC akan di-install di C:\Program file \mIRC. Jika Anda ingin meng-install di folder lain klik tombol browse dan tentukan folder peng-install-an, jika tidak klik tombol install.
(6) Proses peng-install-an mIRC akan ditampilkan, tunggu sampai proses selesai.
(7) Jika proses install sudah selesai, klik tombol finish.
Sebuah jendela file -file mIRC akan ditampilkan.
c. Mengenal Jendela mIRC
Bila ditampilkan, jendela mIRC tidak jauh berbeda dengan jendela aplikasi windows lain. Jendela mIRC mempunyai menu-menu yang menyimpan perintah-perintah dan tombol-tombol toolbar yang menjadi shortcut perintah-perintah tersebut.
Jendela mIRC mempunyai tiga jendela yang berbeda yang penting Anda ketahui seagai berikut.
(1). Jendela status
Jendela status berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi tentang server yang Anda gunakan. Jendela status juga menampilkan status koneksi komputer Anda dengan server.
(2). Jendela channel
Jendela channel berfungsi untuk menampilkan percakapan yang terdapat di channel tersebut. Jendela channel juga menampilkan daftar nama-nama chatter yang tergantung dalam sebuah channel.
(3) Jendela chatting
Jendela chatting merupakan tempat Anda mengobrol dengan chatter yang lain. Anda mengetik obrolan Anda dibagian bawah jendela chatting dan diakhir dengan menekan tombol enter. Daftar obrolan Anda dengan chatter lain akan ditampilkan di bagian atas jendela tersebut.
d. Mengunakan mIRC
Menjalankan program mIRC dapat Anda lakukan degan cara mengklik shortcut mIRC yang terdapat di desktop komputer. Jika shortcut tersebut tidak ditampilkan, Anda dapat menjalankan mIRC dari menu start.
|
Langkah –langkah untuk menjalankan mIRC dengan menggunakan menu Start sebagai berikut.
(1) Dari menu start, klik program, Cari mIRC, klik mIRC.
Jendela mIRC akan ditampilkan.
(2) Bila program mIRC yang Anda gunakan belum terdaftar, maka kotak dialog About mIRC akan ditampilkan.
(3) Klik tombol Register jika ingin mendaftarkan terlebih dahulu, atau klik tombol Continue.
Jika Anda mengklik tombol Register online now. Anda akan dihubungkan ke pendaftaran online di website www.mIRC.com. Anda akan membayar dengan menggunakan kartu kredit.
(4) Di kotak dialog mIRC Option, masukkanah data-data dan nickname yang ingin Anda gunakan.
Nickname merupakan nama yang akan ditampilkan pada saat Anda chatting.
(5) Di kotak daftar Category, Klik server.
Anda akan diminta memilih server , kemudian klik tombol Connect to server.
(6) Tunggu sampai komputer Anda terhubung ke server yang Anda pilih. Status koneksi ke server dapat Anda lihat di jendela status.
Kotak dialog mIRC Favorites akan ditampilkan.
(7) Masukan nama chanel di kotak teks enter a channel name and click join, kemudian klik tombol Join, atau pilihlah channel di mana Anda ingin mencari teman chatting di kotak daftar Or select a channel from the list below, kemudian klik tombol Join.
Jendela channel yang Anda pilih akan ditampilkan.
(8) Di bagian kanan jendela yang ditampilkan, Anda dapat melihat daftar nama yang ada di channel tersebut.
(9) Pilihlah salah satu nama dari daftar nama tersebut, klik dua kali di nama tersebut.
Jendela chatting akan ditampilkan.
(10) Di bagian bawah jendela tersebut, ketik teks yang ingin Anda sampaikan kepada teman chatting untuk memulai pembicaraan.
Tunggu sampai orang yang Anda aja ngobrol membalasnya.
(11) Anda dapat chatting dengan beberapa orang sekaligus.
Masing-masing orang akan memiliki jendela sendiri di layar monitor Anda. Jika ingin chatting dengan chatter berikutnya, dapat memilih lagi di daftar nama yang terdapat di channel. Anda juga chatting di beberapa channel sekaligus.
Program mIRC bersifat shareware. Anda dapat meng-install dan menggunakannya dalam jangka 30 hari. Sebelum masa itu habis, Anda harus mendaftar dan membayar biaya pendaftaran. Jika tidak, Anda tidak dapat menggunakannya. Bila ternyata setelah 30 hari Anda tidak mendaftar dan tidak dapat menggunakan program mIRC tersebut, Anda dapat menghapusnya dari komputer Anda kemudian menginstallnya kembali.
Jika Anda tidak ingin meng-install ulang terus menerus, Anda dapat mendaftar secara online, membayarnya, kemudian Anda akan diberikan user name dan kode register. Setelah itu, Anda dapat memasukkan user name dan kode register tersebut.
|
Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut :
(1) Dari menu Help, klik Register.
Kotak dialog mIRC Registration akan ditampilkan
(2) Masukkanl nama dan kode register.
(3) Klik tombol OK.
Sekali lagi, internet merupakan sumber informasi yang tidak terbatas. Sebenarnya Anda bisa saja mencari kode register tersebut menggunakan mesin dengan cara memasukkan kata pencarian “serial + mIRC versi yang Anda gunakan“. Anda akan menemukan banyak website yang menyediakan informasi semacam ini, tetapi tentu saja ini melanggar UU HAK Cipta, dan jangan dilakukan.
e. Mengatur Susunan Jendela mIRC
Setiap orang yang Anda ajak chatting akan mempunyai jendela chatting sendiri. Ini berati semakin banyak orang yang Anda ajak ngobrol, maka akan semakin banyak jendela yang terdapat di jendela mIRC Anda. Untuk memudahkan Anda melihat setiap jendela chatting yang ada, Anda perlu mengatur susunan dari jendela tersebut.
Ada dua susunan jendela chatting yang dapat Anda pilh: Tile dan Cascade. Langkah-langkah untuk mengatur susunan jendela chatting adalah sebagai berikut.
- Klik menu Windows .
- Pilihlah susunan jendela yang Anda inginkan.
f. Menganti Nickname
Pada saat Anda chatting , ada kalanya tiba-tiba nickname Anda berubah. Hal ini bisa disebabkan karena ada orang lain mengunakan nickname yang sama, ataupun karena sebab-sebab yang lain, atau ada kalanya Anda ingin menggunakan nickname yang lain. Bila hal ini terjadi, Anda dapat menganti nickname Anda dengan yang baru.
|
Langkah –langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut.
(1) Klik menu Commands.
(2) Klik Change nick.
Kotak dialog Input Request akan ditampilkan.
(3) Masukkan nickname yang baru.
(4) Klik tombol Ok.
Menganti nickname dapat juga dilakukan dengan cara menjalankan perintah/nick. Caranya adalah dengan mengetik perintah/nick di jendela Channel kemudian diikuti spasi dan nickname Anda yang baru. Misalnya nick Anda sebelumnya co_baik dan Anda ingin ganti dengan pejuang_tangguh, maka Anda harus mengetik/nick pejuang_tangguh.
g. Mengirimkan dan Menerima File
Anda dapat mengirimkan file kepada teman chatting Anda . Misalnya Anda ingin mengirimkan file foto Anda .
|
Langkah-langkah untuk mengirimkan file kepada teman chatting Anda adalah sebagai berikut.
(1) Dari menu tools klik Send File.
Kotak dialog mIRC DCC Send akan ditampilkan.
(2) Di kotak daftar drop-down Nick, pilihlah nickname orang yang akan Anda kirim file .
(3) Di kotak Look in, carilah folder di mana Anda menyimpan file yang akan Anda kirim.
(4) Pilihlah file yang akan dikirim.
(5) Klik tombol Send.
(6) Koyak dialog proses pengiriman file akan ditampilkan.
Bila proses pengiriman file sudah selesai, kotak dialog akan ditampilkan.
(7) Klik tombol Close untuk mengakhiri proses pengiriman file .
Pengiriman file akan berhasil jika orang yang Anda kirim file mau menerima file tersebut. Sebelum mengirim file, sebaiknya Anda memberi tahu teman chatting karena biasanya enggan menerima langsung jika tanpa pemberitahuan terlebih dahulu karena takut file yang dikirim mengandung virus.
Sebaliknya, bila Anda menerima file dari orang lain, maka langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut.
(1) Penerimaan file akan ditandai denga munculnya kotak dialog File Warning.
(2) Klik tombol Ok.
Kotak dialog mIRC DCC Get akan ditampilkan.
(3) Jika Anda ingin menerima file yang dikirimkan, tentukanlah folder penyimpanan di kotak drop down Save As kemudian klik tombol Accept untuk memulai penerimaan file.
Anda harus hati-hati terhadap file yang dikirim orang lain. Karena bisa saja file yang dikirim orang lain tidak Anda kenal. Jika Anda ingin menolak file yang dikirim, klik tombol Cancel.
(4) Tunggu sampai proses peneriman selesai.
Bila peneriman selesai, kotak dialog akan ditampilkan.
(5) Klik tombol Open Folder untuk membuka file tersebut disimpan.
(6) Klik tombol Open untuk membuka file atau klik tombol Close untuk menutup kotak dialog.
h. Perintah pada mIRC
Ada beberapa perintah yang digunakan di mIRC. Perintah-perintah tersebut digunakan untuk mendapatkan informasi atau untuk melakukan aksi tertentu. Beberapa perintah yang sering digunakan di mIRC adalah sebagai berikut.
(1) /list
Perintah ini digunakan untuk menampilkan channel yang terdapat di mIRC. Jika Anda menjalankan perintah tersebut, maka semua channel yang ada akan ditampilkan.
(2) /msg Nickserv Register
Perintah ini digunakan untuk mendaftarkan nickname dalam sebuah channel. Jika Anda mendaftarkan nickname, mak hanya Anda yang dapat menggunakkan nickname tersebut.
Misalnya:
/nick vita_sweet
/msg NickServ REGISTER sweetgirl
Anda mendaftarkan nickname vita_sweet dengan password sweetgirl. Setiap orang yang menggunakan nickname vita_sweet akan diminta password. Karena hanya Anda yang tahu password tersebut, maka hanya Anda yang dapat menggunakan nickname tersebut.
(3) /whois
Perintah ini digunakan untuk menampilkan informasi chatter tertentu. Miaslnya /whois ce_cantik untuk menampilkan informasi tentang ce_cantik.
(4) /me
Perintah ini digunakan untuk mengirimkan kepada semua chatter yang terdapat di channel tertentu. Misalnya nickname Anda vita_sweet, dan Anda mengetik perintah: /me orangnya cantik lho, maka semua chatter yang ada di channel akan melihat: vita_sweet orangnya cantik lho.
(5) /clear
Perintah ini digunakan untuk menghapus semua teks yang ada di jendela percakapan.
(6) /quit
Perintah ini digunakan untuk keluar dari channel sambil meninggalkan pesan, misalnya /quit selamat tinggal semuanya. Anda kelua dari channel dan semua chatter di channel yang Anda tinggalkan akan membaca pesan tersebut.
(7) /exit
Perintah ini digunakan untuk keluar dari mIRC.
Rangkuman
Internet telah menjadi fasilitas kehidupan modern yang dibanggakan di antaranya sebagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan komunikasi. Layanan e-mail salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang banyak digunakan, karena merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Terdapat tiga jenis layanan e-mail yang dapat Anda digunakan, antara lain : POP mail, e-mail berbasis web, dan e-mail forwarding. E-mail telah mengubah banyak kebiasaan Anda dalam berkomunikasi. Komunikasi surat-menyurat antar rekan kerja atau bisnis, teman dan keluarga sudah banyak digantikan oleh e-mail. Sebagai alat komunikasi, menggunakan e-mail juga mempunyai etika-etika yang hendaknya Anda patuhi agar komunikasi yang Anda lakukan berjalan dengan baik. Beberapa etika bere-mail yang perlu Anda terapkan adalah sebagai berikut : langsung ke pokok permasalahan, jawablah semua pertanyaan, lakukan pengeditan, gunakan subjek yang sesuai, hapus pesan reply yang tidak perlu, jangan meneruskan e-mail berantai, hormati privacy orang lain, jangan melakukan SPAM, gunakan huruf besar seperlunya, hati-hati bila menggunakan singkatan dan emoticon, jangan terbawa emosi, bersabarlah dalam menunggu balasan e-mail, ketertarikan yang berbeda, jangan lampirkan file yang tidak perlu, dan buatlah layout yang baik.
Selain mengirim e-mail, Anda juga dapat mengirim karu elektronik melalui internet. Dengan menggunakan kartu elektronik, Anda dapat mengucapkan salam atau selamat (misalnya ulang tahun). Bila kartu elektronik yang Anda terima dilengkapi dengan musik atau pengiring, akan terdengar pada saat kartu ditampilkan, jika komputer dilengkapi dengan speaker atau perangkat suara lainnya .
Mailing list atau disebut juga milis adalah kumpulan dari e-mail yang membentuk sebuah kelompok. Milis mempunyai alamat sendiri yang disebut dengan alamat milis. Setiap e-mail yang dikirim kealamat milis tersebut akan dikirimkan ke alamat-alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota. Milis banyak dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi antar anggota kelompok.













0 komentar:
Posting Komentar